Keluh Kesah Nelayan, Sudah Dicekik Pajak Harga BBM Tinggi

Pati, Berita10 Nelayan kecil sedang mengeluhkan keadaan. Palanya mereka dicekik dmehan pajak tinggi dan harga bahan bakar minyak yang melambung tinggi.

Penarikan pajak sebesar 5 persen untuk  kapal skala kecil dengan ukuran 5-60 GR dan 10 persen untuk  skala menengah dengan ukuran 60-1.000 GT sangat memberatkan nelayan kecil dan berkembang. Pasalnya penarikan retribusi sebesar itu tidak sebanding dengan penghasilan para nelayan.

Terlebih nelayan masih merasakan mahalnya biaya  operasional melaut fan tanggapan ikan yang kian sulit di cuaca ekstrim.

Anggota Komisi B Dewan Perwakilan rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati dari Komisi B, Suriyanto pun mengharapkan adanya pengkajian ulang  soal kenaikan tarif PNBP yang terkandung dalam PP Nomor 85 Tahun 2021 yang merupakan aturan turunan dari UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Ia berharap ada penurunan pajak sehingga beban nelayan semakin berkurang.

“Apalagi BBM yang melambung begitu signifikan, masih sukur  saat ini nelayan masih bisa hidup. Malah  ditambah lagi aturan pemerintah  yang memberatkan seperti itu. Semua itu perlu dikaji betul,” mintanya.

Pada Jumat, para nelayan di Kabupaten Pati menggeruduk Alun-alun Kabupaten Pati dan Gedung DPRD Kabupaten Pati. Mereka meminta dukungan dari lembaga legislatif maupun eksekutif untuk menentang pajak 10 persen. Ags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.