Jaga Kondusifitas Jelang Pemilu, Kapolresta Pati Membuka Pelatihan Pengendalian Masa

Pati, Berita10 – Saat ini tahapan pemilu tahun 2024 sudah memasuki pemutahiran dan penyusunan daftar pemilih, dalam rangka mengawal dan memelihara kondusifitas kamtibmas Kabupaten Pati, Polresta Pati menggelar pelatihan peningkatan kemampuan pengendalian masa yang dibuka langsung oleh Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama pada Rabu, 15 Februari 2023.

Dalam arahannya Kapolresta Pati memaparkan, kegiatan tersebut merupakan wujud kesiapan dan antisipasi kerawanan yang timbul dalam setiap proses tahapan pemilu 2024.

“Hari ini Saya berkesempatan untuk membuka pelatihan peningkatan kemampuan pengendalian masa mengingat saat ini sudah memasuki tahap pemutahiran dan penyusunan daftar pemilih pemilu 2024, nantinya pasukan dalmas ini langsung power on hand Kapolresta Pati dalam memelihara kamtibmas dan antisipasi kerawanan di Kabupaten Pati,” terangnya.

Lebih lanjut Kapolresta Pati menjelaskan maksud dan tujuan dari pelatihan tersebut, diantaranya agar setiap anggota Polri mampu memahami tugas pokok, fungsi, dan peran di lapangan. Sehingga pada saat melaksanakan tugas sesuai dengan Standart Operasional Procedure (SOP) yang ada pada institusi Polri.

“Dengan adanya kegiatan pelatihan ini mampu menjadi bekal bagi masing-masing individu personel Polri yang melaksanakan tugas pengamanan di lapangan. Sehingga setiap tindakan yang diambil bisa sesuai dengan Standart Operasional Procedure (SOP),“ jelas dia.

Setelah pelaksanaan apel pelatihan peningkatan kemampuan, Kapolresta Pati beserta pejabat utama (PJU) melaksanakan pengecekan kondisi masing-masing personel, peralatan utama (alut) dan pelatan khusus (alsus) mulai dari Satwa K9, ranmor penguarai masa (raimas), gas air mata,tameng, helm hingga alat pemadam api ringan (APAR).

Kapolresta Pati menambahkan seluruh peralatan yang dimiliki oleh Polresta Pati agar dilakukan pengecekan secara rutin dan berkala agar pada saatnya nanti digunakan tidak ada kendala.

“Saya telah memerintahkan kepada Kasat Samapta untuk selalu mengecek dan meraat dengan baik seluruh alut dan alsus yang dimiliki Polresta Pati, agar nantinya pada saat digunakan untuk pengamanan dan melayani masyarakat dalam kondisi siap dan prima” tegasnya.

Pelatihan peningkatan kemampuan dalmas tersebut dipimpin oleh Kasat Samapta AKP Sugihantoro dengan materi mulai dari negosiator, dalmas awal, dalmas lanjut hingga penanganan huru-hara masa anarkis.

Perlu kita ketahui bersama bahwa tahapan pada tahun 2023 ini antara lain pendaftaran pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten dimulai pada tanggal 24 april 2023.

Dilanjutkan dengan pendaftaran calon Presiden dan Wakil Presiden pada tanggal 19 Oktober 2023, tahap kampanye ,pada tanggal 28 Nopember 2023 sampai dengan 10 Februari 2024, tahap masa tenang pada tanggal 11 s.d. 13 Februari 2024 dan tahap pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Peningkatan intensitas kegiatan politik ini tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan, kerawanan yang cukup menjadi perhatian bagi Polri adalah penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa, serta penyebaran hoax dan hate speech, yang berpotensi menimbulkan konflik sosial di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

“Sejak dini kami mempersiapkan semua hal agar potensi kerawanan dan permasalahan yang akan timbul dapat diminimalisir sekecil mungkin mulai dari pemetaan kerawanan, antisipasi berita hoax dan hatespeech, hingga pola pengamanan kota yang sistematis,” tandas Kapolresta Pati. (pn/ dok Humas Polresta Pati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.