DPRD Minta Pemerintah Tingkatkan Pemberdayaan Disabilitas

Pati, Berita10Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati Muntamah meminta Pemerintah Kabupaten Pati untuk meningkatkan pemberdayaan dan pembinaan kaum disabilitas yang telah terwadahi dalam lembaga Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Pati.

Menurut Muntamah, PPDI Kabupaten Pati merupakan pionir komunitas yang mampu memberdayakan kaum berkebutuhan khusus yang harus diapresiasi. Yang mana, eksistensi PPDI Kabupaten Pati harus didukung oleh Pemerintah Kabupaten Pati agar lebih produktif. “Kami Juga mendorong Dinsos agar lebih baik dalam melakukan pemberdayaan dan pembinaan kepada penyandang disabilitas yang telah terwadahi dalam lembaga PPDI,” kata Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.

Dirinya melanjutkan, dukungan ini tentunya diwujudkan dengan menciptakan lapangan kerja atau pelatihan kewirausahaan bagi kaum disabilitas yang tergabung di PPDI.

Dalam Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Pati Nomor 2 tahun 2022 tentang Penyandang disabilitas pada Bab 2 pasal ke 11 sudah jelas kaum disabilitas mempunyai hak memperoleh pekerjaan yang diselenggarakan pemerintah, pemerintah daerah, atau swasta tanpa diskriminasi. Mereka mempunyai hak berusaha dan mendapatkan penempatan kerja yang adil, bermartabat, dan proporsional.

Jika tidak memungkinkan memberikan pekerjaan, lanjut dia, Pemerintah Kabupaten Pati harus bisa mendorong perusahaan agar menampung mereka untuk bekerja. Selain itu, Pemerintah juga harus mendorong dana Corporate Social Responsibility (CSR) dapat digunakan untuk membantu memberdayakan penyandang disabilitas, melalui usaha produktif. Ags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.