DBD Mengancam, Dewan Pesan Lingkungan Dibersihkan

Pati, Berita10 – Musim hujan dengan intensitas tinggi, selain mengancam keselamatan akibat bencana banjir juga dengan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Hal ini pun menjadi perhatian khusus oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Muhamadun  Wakil Ketua yang mengawasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) ini menghimbau masyarakat Pati untuk mewaspadai penyakit DBD ini dengan menerapkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Mengacu pada data yang dihimpun oleh Dinkes, angka kasus DBD saat ini mencapai 489 orang dimana 5 diantaranya meninggal dunia akibat gigitan nyamuk Aides Aygepty. “Maka dari itu, masyarakat harus sadar untuk menjaga kebersihan dengan melaksanakan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Saya tidak ingin sampai ada jatuh korban jiwa akibat DBD, khususnya di Kota Bumi Mina Tani,” kata dia belum lama ini. Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga berharap masyarakat Pati dapat menerapkan hidup sehat, sehingga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk DBD.

Imbauan senada juga diungkapkan oleh kepala Dinkes Pati, Aviani Tritanti Venusia. Menurutnya, penerapan pemberantasan DBD ini dapat dilakukan dengan langkah 3M (Menguras, Menutup, dan Mendaur ulang). “Jadi tidak hanya itu, dengan 3M itu adalah bagian urgent dalam oencegahan kasus DBD. Bisa dengan menguras dan menutup bak mandi. Kemudian juga memanfaatkan kembali barang atau mendaur ulang sampah. Upaya-upaya dari masyarakat itulah yang sekiranya bisa dilakukan,” terang Aviani. Ags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.