Berikan Kemudahan Pelayanan, Polresta Pati Punya Bus SIM Keliling

Pati, Berita10 – Untuk menjawab tantangan zaman yang semakin berkembang pesat, harus dibutuhkan inovasi percepatan dan peningkatan kwalitas pelayanan publik. Berkaitan dengan hal tersebut, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pati mendapat amanah dari negara berupa dua unit kendaraan dinas pelayanan publik yakni satu unit armada baru bus SIM keliling dan satu mobil patroli pengawalan (Patwal). Dua unit kendaraan dinas tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kapolresta Pati AKBP Christian Tobing kepada PS. Kasat Lantas AKP Endah Setyaningsih saat pelaksanaan apel pagi tadi, Senin, (09/01/2023).

Kapolresta Pati AKBP Christian Tobing mengatakan tidak semua Polres mendapatkan tambahan kendaraan operasional baru tersebut, terlebih bus pelayanan SIM keliling. Polresta Pati menjadi satu-satunya satuan kewilayahan (Satwil) di jajaran Polda Jateng yang mendapat.

Christian Tobing menyampaikan, kepercayaan dan amanah yang telah diberikan oleh negara harus dijaga dengan cara merawat dan mempergunakan kendaraan dinas ter-sebut untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat terlebih yang berada di pelosok Pati.

“Dengan adanya kepercayaan yang diberikan oleh negara kepada kita, Saya berharap bisa menjadi motivasi dalam rangka peningkatan kwalitas pelayanan publik.  Baik itu kegiatan patroli pengawalan maupun pengurusan SIM sehingga masyarakat semakin mudah, cepat dan murah dalam memperoleh pelayanan.” Ujar Christian Tobing.

Selain itu, Christian Tobing menambahkan, sebelumnya Polresta Pati pada tahun 2021 yang lalu telah berhasil meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Dengan adanya armada SIM keliling dan patwal menambah amunisi baru untuk memenuhi salah satu indikator pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

“Pada tahun 2021, Polresta Pati telah berhasil meraih predikat Wilayah Bersih dari Korupsi (WBK). Di tahun 2023 ini kita berkomitmen kuat untuk mempertahankan predikat WBK tersebut untuk menuju WBBM. Selain itu kita juga akan terus berupaya memperbaiki fasilitas dan kwalitas pelayanan guna mempertahankan predikat Sangat Baik (A-) kinerja pelayanan publik” tandasnya.

Sementara itu, PS. Kasatlantas Polresta Pati, AKP Endah Setyaningsih, mengatakan kendaraan operasional tersebut merupakan hibah dari Korlantas Polri. Kendaraan Pat-wal diterima pada tanggal 27 Juli 2021 yang lalu, sedangkan Bus pelayanan Sim Keliling diterima pada tanggal 5 Januari 2023 kemarin.

“Untuk mobil Patwal nantinya akan digunakan sebagai kendaraan patroli dan pengawalan Unit Turjagwali Sat Lantas, sedangkan Bus Pelayanan SIM keliling diserahkan kepada Satpas untuk memberikan pelayanan penerbitan SIM kepada masyarakat,” kata Endah.

Endah juga menyampaikan, pihaknya sangat bersyukur atas adanya penambahan armada tersebut. Menurutnya, kendaraan operasional baru tersebut dapat dipergunakan untuk jemput bola dan menjangkau masyarakat hingga tingkat kecamatan.

“Alhamdulillah, dengan adanya armada baru ini kita bisa lebih bisa menjangkau masyarakat hingga tingkat kecamatan dalam memberikan pelayanan perpanjangan SIM.” ucapnya.

Jarak wilayah ke pusat pelayanan SIM yang berada di tengah kota Pati relatif jauh dan memakan waktu tempuh yang cukup lama, sehingga berpengaruh juga terhadap biaya yang harus dikeluarkan. Bus pelayanan SIM keliling ini nantinya akan beroperasi keliling kecamatan se-Kabupaten Pati. Bahkan jika memungkinkan, bisa menjangkau pedesaan. Jadi, masyarakat yang mengurus SIM tidak perlu datang ke Satpas Polresta Pati tetapi cukup mendatangi Bus Pelayanan SIM Keliling.

Endah menekankan bahwa pelayanan SIM keliling ini hanya untuk perpanjangan. Sedangkan untuk pengurusan SIM baru tetap di kantor Satpas SIM yang berada di Jl. AKBP Agil Kusumadya Pati.

”Untuk lebih memudahkan masyarakat, minggu depan Bus pelayanan SIM keliling sudah mulai aktif dan nantinya jadwal pelayanan sim keliling  akan selalu kita sosialisasi-kan melalui akun media sosial resmi Polresta Pati maupun Satlantas Polresta pati,” pungkasnya.

(Humas Resta Pati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.