Anggota DPRD Minta Pemkab Fokus Tangani Banjir

Pati, Berita10 – Banjir menjadi Pekerjaan Rumah (PR) yang cukup berat bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati. Pasalnya, banjir selalu menggenangi wilayah Pati takala hujan dengan intensitas tinggi tiba.

Muntamah, anggota dari Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Pati dari komisi D pun turut prihatin dengan musibah banjir yang terjadi setiap tahunnya. Dirinya pun tak segan meminta Pemkab Pati fokus menangani banjir agar bencana serupa tidak terjadi lagi.

“Banjir yang setiap tahun terjadi, kami mendorong Pemkab Pati supaya mencari penyebabnya, dan membuat solusi  biar tidak berulang kembali, ” ucap Muntamah, saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Pemkab yang dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) pun diimbau untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat Pati dalam rangka mengurangi resiko kebencanaan.

“Kami juga mendorong pemerintah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan mitigasi bencana,” tambah dia.

Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini pun meminta Pemkab memikirkan dampak dari bencana ini. Salah satunya adalah masalah kesehatan.

Banjir yang menggenang Pati seringkali disertai dengan tumpukan sampah. Hal ini diyakini menjadi salah satu hal yang tak bisa dielakkan ketika banjir.

Namun, keadaan ini justru akan berdampak pada kondisi kesehatan masyarakat. Sehingga kerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) juga diperlukan untuk menangani masalah ini.

“Kami mendorong Pemkab untuk juga memperhatikan dampak dari bencana banjir tersebut, misal kesehatan masyarakat harus ada perhatian khusus, apalagi  kesehatan balita yang masih rawan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, musibah banjir yang menerjang 8 Kecamatan di Kabupaten Pati beberapa waktu lalu mendapat sorotan tajam dari berbagai pihak. Terlebih, musim hujan belum mencapai puncaknya yang dikhawatirkan akan terjadi banjir susulan. Ags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.