PUNCAK HARI SANTRI, HENGGAR PIMPIN APEL DAN KIRAB AKBAR

Pati, Berita 10 – Puncak rangkaian acara peringatan hari santri di Kabupaten Pati ditandai dengan apel dan kirab akbar yang dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro di Alun-Alun Pati, Sabtu (22/10).

Hadir dalam apel tersebut Forkopimda, perwakilan lembaga dan badan otonomnya, DPRD Pati, FKUB, serta sejumlah tokoh agama dan masyarakat.

Menurut Pj Bupati, peringatan hari santri yang jatuh pada 22 Oktober, awalnya bermula dari kejadian 14 September 1945 dimana KH Hasyim Ashari menyampaikan fatwa jihad untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Dan fatwa jihad ini diikuti para ulama, yang kemudian melahirkan peristiwa heroik 10 Nopember 1945 di Surabaya. Hingga kemudian hari santri diperingati setiap 22 Oktober”, tambahnya.

Henggar berharap para santri tidak hanya memperdalam ilmu agama saja, akan tetapi juga meningkatkan intelektualitasnya. “Dan tentu, dalam menerapkan intelektualitas, prinsip-prinsip keagamaan perlu tetap dikedepankan”, terangnya.

Dari keterangan panitia, diperkirakan ada sekitar 6.500 lebih yang mengikuti acara ini, atau hampir 7.000 peserta yang hadir.

“Banyak dari masyarakat umum juga menyempatkan hadir. Karena dua tahun ini tidak kita selenggarakan karena Pandemi”, tutur Ketua PCNU Pati, KH Yusuf Hasyim.

Peserta kirab akbar, lanjut Yusuf, selain dari Badan Otonom (Banom) dan MWC NU Pati juga diikuti oleh siswa-siswi madrasah di Bumi Mina Tani. Gs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.