POTENSI PATI YANG MENJADI UNGGULAN DAERAH

Pati, Berita10 – Selain terkenal dengan Bandeng Prestonya, Pati adalah salah satu dari dua Kabupaten penghasil buah Manggis terbesar di Jawa Tengah selain Cilacap. Sentra Buah Jambu Monyet di Desa Margorejo, Sentra Buah Kelapa kopyor Genjah (kelapa yang dagingnya terpisah dengan tempurung) di Jawa Tengah, Sentra Buah Manggis di Desa Gunungsari, Sentra Buah Jeruk Pamelo di Bageng Gembong, Kerajinan Kuningan di Desa Juwana, Usaha Susu Sapi di Desa Sukoharjo, Industri Garam di Kecamatan Batangan.

Industri Gula di Desa Trangkil, industri criping singkong aneka rasa(banyuurip), Centra Pengodol Kapuk Randu di Desa Karaban Kecamatan Gabus (produk kasur, bantal, guling dll), Sentra padi dan kacang hijau di Desa Jambean Kidul Margorejo Pati, Perkebunan Kopi di Desa Jolong Gembong Pati, Industri Tepung Tapioka di Desa Ngemplak Margoyoso, Industri Kain Batik Bakaran di Desa Bakaran, Juwana, Industri Batu Bata di Desa Trangkil, Industri Terasi Udang Rebon di Desa Juwana.

 Julukan Pati Bumi Mina Tani karena Kabupaten Pati penduduknya mayoritas bekerja dalam bidang pertanian, bahkan 70% di Kabupaten pati adalah lahan persawahan. Sebutan Kota Manggis, karena Kabupaten Pati merupakan penghasil manggis terbesar alias terbanyak se Jawa Tengah Selain membanjiri pasar Jawa Tengah juga dikirim ke Jakarta, Surabaya, Bandung dan kota lainnya.

Dulu pernah menjadi julukan Kota Pensiunan karena kotanya sebagian besar dihuni oleh para pensiunan yang lahir atau dibesarkan di kota ini, juga terdapat warga pensiunan dari luar kota menghabiskan masa tuanya di Pati. Karena Kabupaten Pati sangat tenang karena kotanya tidak berkembang sehingga masih berupa pedesaan/perkampungan menjadikan Kabupaten Pati menjadi kota pensiunan juga menjadi kota liburannya para pensiunan. Sedangkan para pemudanya memilih mencari kerja di tempat lain atau merantau ke luar negeri sebagai TKI/TKW, karena minimnya industri di kota saat itu.

Namun karena perkembangan jaman dan kemajuan pembangunan di berbagai sektor saat ini untuk julukan Pati sebagai kota pensiunan menjadi sirna dan hilang. Sekarang Kabupaten Pati sudah berkembang pesat, banyak berdiri pabrik dan indutri besar dan kecil, hotel berbintang, tempat wisata, tempat olah raga, fasilitas umum dan kantor yang bagus dan menunjang kemajuan Kabupaten Pati. Dengan berbagai pembangunan yang merata kemajuan Kabupaten Pati menjadi rekomendasi daerah lain.

Sebagai Kota Kacang dan Industri, karena sebagai tempat pabrik yang memproduksi pengolahan berbagai macam varian kacang terbesar di Indonesia, diantaranya yang terkenal adalah Kacang Garuda (PT. Garudafood Putra Putri Jaya) berada di timur kota Jl. P. Sudirman (Pati-Juana) dan Kacang Dua Kelinci (PT. Dwi Kelinci) berada di barat kota (Jl. Raya Pati – Kudus) Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Demikian juga di Kabupaten Pati sudah berdiri pabrik besar dari Korea dengan produk fashion dan sepatu bermerk yang diekspor ke seluruh penjuru dunia. Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.