KABUPATEN PATI BAKAL PUNYA ALUN ALUN BARU

Pati, Berita10 – Pemerintah Kabupaten Pati direncanakan bakal merealisasikan  pembangunan alun-alun baru berupa Alun-alun Kalidoro yang berlokasi di depan pasar Yaik Kembangjoyo Pati. Rencananya, tahun 2021 ini  proses awal pembangunan sudah dimulai. Adapun untuk dana yang dibutuhkan  dengan anggaran Rp 9,798 miliar dari APBD Kabupaten Pati.

Bupati Pati Haryanto mengungkapkan bahwa alun-alun baru itu dibangun dengan membuat ruang terbuka hijau, dimana semula lokasinya berupa lapangan, kemudian diubah menjadi bentuk alun-alun. Haryanto menambahkan dengan adanya pembangunan ini, diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Pati. Terutama bagi mereka yang mempunyai mata pencarian sebagai pedagang makanan, minuman, mainan dan sebagainya. Dengan demikian mereka bisa membuka usaha di situasi pandemi ini, dengan mencari nafkah di komplek alun alun yang baru nanti.

Demikian Wabup Pati Saiful Arifin berharap dengan adanya lokasi baru berupa alun alun yang berada di sebelah Hutan Kota Kalidoro bisa memberikan wadah bagi para penjual dan pedagang kaki lima (PKL) untuk membuka usaha lagi di lokasi tersebut. Selain untuk usaha juga bisa untuk peningkatan perekonomian masyarakat sekitar. Semoga dengan rencana pembangunan alun alun tersebut bisa bermanfaat dan meningkatkan pendapatan pedagang, penjual serta masyarakat sekitarnya.

Lapangan untuk Alun-alun Kalidoro ini, seluas sekitar 300 mdan terletak di sebelah timur Hutan Kota Kalidoro. Lokasinya dikelilingi berbagai pepohonan hijau. Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Pati Arief Wahyudi mengatakan, pembangunannya dimulai dan langsung selesai tahun 2021 ini. Terkait rincian belum final, hanya sebatas anggaran. Semoga desainnya cepat selesai. Jadi, nanti rinciannya bisa disusun secepatnya, katanya. Terkait lelang, pihaknya sudah mempersiapkan desain. Proses lelang akan diselenggarakan Februari mendatang. Sebab, ada refocusing dana untuk pandemi. Goes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.