RAPIMKAB KADIN, SAFIN SEBUT SEKTOR PANGAN TAK TERDAMPAK PANDEMI

Pati, Berita10 – Bertempat di Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (16/9), digelar Rapimkab Kadin Kabupaten Pati yang membahas tentang pemberdayaan UMKM binaan Kadin Kabupaten Pati. Rapimkab yang dipimpin Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin) ini juga menghadirkan secara virtual Kukrit Suryo Wicaksono selaku Ketua Umum Kadin Jateng. Kemudian di akhir acara Bupati Haryanto juga menyempatkan hadir dalam acara tersebut.

Safin saat membuka acara tersebut mengatakan bahwa dalam kondisi pandemi yang paling terdampak adalah pengusaha yang omsetnya menurun.

“Tetapi ada pula yang masih berjalan bahkan masih cenderung bagus adalah di sektor pangan. Pemerintah daerah sangat mensupport dan saya harap pengurus Kadin ini saling bersilaturrahmi kepada semua anggota”, harap Wabup.

Wakil Bupati juga mendukung dan mensupport wirausahawan muda yang memulai usaha. “Tidak mesti usaha itu dimulai dari besar, dari kecil juga bisa. Dan memulai usaha itu bisa dengan kreativitas yang bagus, dan penghitungan modal yang jelas. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah penerapan protokol kesehatan di manapun berada termasuk penerapan di perusahaan-perusahaan”, imbuhnya.

Ia pun mengajak para anggota untuk tetap semangat dan sering menjalin komunikasi dengan pemerintah daerah.

“Komunikasikan apa yang perlu kami support, yang terpenting semua tujuannya adalah untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan daerah yang kita cintai,” tutur Saiful Arifin.

Sementara itu, secara virtual, Ketua Kadin Jawa Tengah Kukrit Surya Wicaksono juga menyampaikan bahwa pandemi adalah saat yang tepat untuk merapatkan barisan dan menjadi bagian dari solusi.

Pemerintah Kabupaten, menurut Kukrit tidak mungkin bisa jalan sendiri, Pemkab akan bersinergi semaksimal mungkin dengan semua pihak termasuk Kadin. “Tujuannya tentu supaya bisa memberikan solusi-solusi yang terbaik untuk dunia usaha”, ujarnya.

Dalam keadaan seperti ini, Kadin juga dituntut untuk bisa memberikan solusi setiap permasalahan yang ada.

“Kalau kondisi susah yang merasakan bukan hanya kita, namun seluruh dunia merasakan. Sehingga yang ada di lapangan mustinya adalah program-program Kadin yang berkualitas, berinovasi tinggi, dan unik. Dan ini menjadi pekerjaan rumah besar bagi Kadin se-Jawa Tengah agar kita bisa meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan kualitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)”, lanjut Kukrit.

Berikutnya, sambung Ketua Umum Kadin Jateng, diperlukan peningkatan jaringan atau networking untuk UKM-UKM. ” Dan yang terakhir adalah tentang bagaimana Kadin Jawa Tengah bisa bersinergi dengan OJK,” tutup Kukrit Suryo Wicaksono. Hms/Gs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.