SAFIN BERHARAP CAKADES TERPILIH KEMBANGKAN DESA BERSAMA PEMUDA

Pati, Bersama Bupati Pati Haryanto, Wakil Bupati Saiful Arifin memberikan arahan dalam acara Diklat Pengarahan dan Pembekalan kepada Kepala Desa Terpilih Pilkades Serentak Kabupaten Pati tahun 2019 gelombang III, Kamis (30/1) di Hotel New Merdeka.

Pengarahan dan pembekalan ini dilaksanakan dalam 2 tahap (angkatan), untuk angkatan pertama dilaksanakan mulai tanggal 27 Januari – 1 Februari 2020 dengan peserta 65 Kepala desa terpilih.

Wakil Bupati yang juga Ketua Karang Taruna Kabupaten Pati mengatakan tercapainya sebuah pembangunan merupakan kontribusi semua pihak. Tidak terkecuali peranan pemuda dalam menopang pembangunan di daerah itu sendiri.

Lebih lanjut ia menekankan peran pemuda sangat penting. Menurutnya tidak hanya pemerintah saja tetapi pemuda juga harus ikut bertanggungjawab terhadap kelangsungan pembangunan baik itu di desanya, kabupaten sampai negara.

“Kita menggantungkan harapan perubahan kepada mereka, hal yang perlu kita lakukan adalah menyiapkan penerus yang lebih baik, yang lebih mumpuni, dan lebih bisa menjaga amanah sebagai pemimpin,” tegasnya.

Wabup yang akrab disapa Safin itu, menjelaskan pembangunan sekarang dimulai dari desa. “Sudah saatnya kita bersama sama dalam pembangunan, Kabupaten Pati dengan wilayah yang cukup luas tentunya mempunyai potensi baik SDM dan juga potensi pasarnya,” imbuhnya.

Safin juga mengatakan bahwa pemuda memiliki energi yang produktif. Dari tenaga produktif inilah yang mempunyai potensi energi untuk menciptakan inovasi baru dan mengembangkan potensi yang ada.
“Sebagai tenaga yang produktif pemuda bisa berperan sebagai mesin penggerak Iaju roda pembangunan. Dengan potensi yang dimilikinya diharapkan dapat menghasilkan kontribusi yang positif bagi pembangunan itu sendiri,” tegas Safin.

Untuk itu kepada para Kepala Desa Terpilih Safin berpesan untuk lebih bisa memberdayakan para pemuda, jangan malah merasa disaingi.
“Apalah artinya sumber daya alam atau kekayaan negara yang berlimpah apabila di kemudian hari tidak ada generasi penerus yang dapat mengelolanya, kenali potensi yg kita punyai untuk dikembangkan bersama sama,” tandas Safin. Hms/Gs

SAFIN BERHARAP CAKADES TERPILIH KEMBANGKAN DESA BERSAMA PEMUDA | b10news | 4.5