PERINGATAN HARI NUSANTARA DENGAN TANAM POHON DI PULAU SEPRAPAT

Peringati Hari Nusantara kantor Pelabuhan Perikanan Pantai Bajomulyo Tanam Pohon di pinggir pantai desa Bendar tepatnya di Pulau seprapat.

Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai (P3) Bajomulyo Juwana, Ir. Chammat Mudzakkir
Memang perencanaan untuk penanaman pohon di PPP Bajomulyo baru tahun ini, tetapi di tempat kami yg lain sudah berjalan. Total pohon yang akan ditanam 550 pohon yang terdiri dari kelapa dalam dan cemara, karena kedua jenis tanaman ini cenderung cocok untuk ditanam di wilayah yang dekat dengan pantai.
Waktu penanaman pun kita pilih akhir tahun, kebetulan curah hujan di Kabupaten Pati dan sekitar masih rendah. Sehingga bibit pohon yang ditanam nantinya dapat tumbuh dengan baik.
Kegiatan ini sekaligus untuk memperingati Hari Nusantara yang pada waktu itu Ir. Suhanda berhasil mencanangkan wilayah perairan kita adalah 12 mil laut pada 13 Desember 1957.
Untuk peringatan Hari Nusantara sendiri baru yg ke 16, karena mulai diperingati bukan dari tahun 1957.
Diharapkan dengan tanaman semacam ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat maupun instansi terkait di Pati.
Untuk Lahannya adalah milik Pemerintah Kabupaten Pati yang baru dibeli seluas 10 hektar ditambah lambiran 2 hektar yg rencananya akan digunakan sebagai tempat pelelangan ikan ke tiga.

Penanaman ratusan Pohon juga untuk memperindah Pelabuhan Baru nantinya.

Kegiatan penanaman pohon kali ini sudah koordinasi dengan kepala dinas kelautan dan perikanan Kabupaten Pati. Dimana kami diarahkan untuk menanam pohon sesuai setting pembangunan pada lahan ini nantinya.
“Harapannya pohon yang sudah kami tanam tidak tergusur karena pembangunan. Misal jalan dan area pertambakan dan akan sangat bermanfaat bagi masyarakat,”

Peserta kegiatan penanaman pohon kali ini, dari SMK Tunas Bhina Tunas Bhakti Juwana, Satpolair Juwana, TNI AL, PSDKP, Dinas Kelautan dan Perikanan wilayah timur Provinsi Jawa Tengah, Karang Taruna, Perwakilan Desa Bendar dan Bajomulyo, TPI unit satu dan dua serta elemen masyarakat lainnya. Lilik/Gs

PERINGATAN HARI NUSANTARA DENGAN TANAM POHON DI PULAU SEPRAPAT | b10news | 4.5