SAFIN LEPAS KIRAB HARI SANTRI NASIONAL DI PATI

Pati, Bagi Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, santri merupakan benteng penjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal itu ia sampaikan ketika melepas keberangkatan peserta kirab peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019 di halaman Mapolres Pati, Selasa (22/10).

Iring-iringan pawai santri, marching band, dan paskibraka meramaikan kirab HSN yang mengambil titik start di Mapolres Pati dan titik finish di Lapangan Alugoro ini.

“Mari kita isi pembangunan bersama. Kita bangun santri yang bisa mengisi pembangunan dengan baik,” ucap Saiful Arifin.

Sementara, Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto mengatakan, memang sebelumnya panitia HSN 2019 dari PCNU Pati menghubungi Polres untuk melaksanakan kirab dengan start di Mapolres dan finish di Lapangan Alugoro.

“Maksud dan tujuannya, panitia menginginkan terwujudnya sinergitas antara Polri, TNI, dan masyarakat, utamanya dalam hal ini kalangan santri dari organisasi masyarakat terbesar di Indonesia,” ungkapnya.

Pada momen HSN 2019 ini, AKBP Jon berharap, mudah-mudahan muncul pemimpin-pemimpin baru Indonesia dari kalangan santri, khususnya santri dari Kabupaten Pati.

Adapun Ketua Panitia Kirab HSN 2019 Pati Muhammad Zaim Jaelani menjelaskan, dalam kirab ini, hampir seluruh Pondok Pesantren dan MA besar di Kabupaten Pati dilibatkan.

“Selain itu, dari SMP/MTs juga kami undang untuk memeriahkan kirab ini,” ungkapnya.

Bagi Zaim, selain untuk memperingati hari santri, kirab ini juga merupakan tasyakuran atas disahkannya UU Pesantren dan dilantiknya wakil presiden dari kalangan santri, yakni KH Ma’ruf Amin.

“Melalui peringatan hari santri ini, kita gugah teman-teman muda untuk meneladani pada pejuang terdahulu dari kalangan santri. Terutama mengambil hikmah sari resolusi jihad yang dahulu dikumandangkan KH Hasyim Asy’ari,” tegasnya. Hms/Gs

SAFIN LEPAS KIRAB HARI SANTRI NASIONAL DI PATI | b10news | 4.5