WABUP SAFIN BERI PUJIAN KARANG TARUNA BANCAK

Pati, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin) menghadiri Pelantikan Pengurus Karang Taruna Desa Bancak Kecamatan Gunungwungkal.

Acara yang ditempatkan di Aula Balai Desa Bancak tersebut juga dihadiri oleh Kapolsek, Danramil, Kepala Desa beserta Perangkat Desa Bancak Kecamatan Gunungwungkal.

Dalam sambutanya Safin memberi apresiasi atas kekompakan Kepala Desa dan Sekretaris Desa dalam mendukung keberadaan Karang Taruna.

“Inilah sebenarnya harapan utama saya karena karang taruna ini memang seharusnya aktif di desa desa”, terang Safin.

Pihaknya mengaku sudah sering kali menghadiri pengukuhan Ketua Karangtaruna. “Tetapi yang di Desa Bancak ini saya nilai sebagai salah satu yang paling rapi”, puji Wabup.

Walaupun berada di pedesaan, Safin berharap agar mereka tidak patah semangat.

“Karena saat inilah dari desa harus bisa membangkitkan semangat ekonomi, semangat pembangunan dan semangat pemberdayaan masyarakat”, lanjut Wabup.

Safin pun berharap desa-desa yang lain bisa meniru hal yang sudah baik ini.

“Apa fungsinya mengaktifkan karang taruna, biayanya dari mana? Nah kalau ada pertanyaan seperti itu kami yang di kabupaten juga sama tidak ada alokasi dana dari pemerintah kabupaten Pati. Akan tetapi dengan niat baik, kita mustinya mempunyai kreatifitas”, imbuhnya.

Ia pun berharap kepada semua yang dilantik hari ini agar mempunyai motivasi yang besar untuk membangun desa atau daerahnya.

“Dan itu membutuhkan eksistensi dan peran pemuda Karang Taruna dalam membantu jalannya roda pemerintahan dan pembangunan di desa”, imbuhnya.

Safin juga mengingatkan bahwa mengkritik itu boleh tetapi harus bisa memberi solusi.

Dalam mengkritisi pembangunan dan pemerintahan di desa, Karangtaruna diharapkan dapat memakai cara-cara yang santun yaitu dengan berdiskusi dengan Kades maupun aparatur pemerintah desanya.

“Kreatifitas pemuda memerlukan suatu wadah, tentunya wadah yg baik dan diberi energi yang positif”, terang Wabup.

Saat ini, lanjut Safin, pemerataan pembangunan dimulai dari desa, di mana saat ini desa-desa mempunyai anggaran desa yang cukup besar. Dan apabila pembangunan fisiknya sudah baik tentunya bisa juga untuk pemberdayaan masyarakat.

“Pemberdayaan untuk apa? Yaitu bagaiman kita menganalisa potensi yang ada di desa kita untuk dikembangkan. Pemuda Karangtaruna harus bisa menemukan potensi di desanya untuk kemudian dikelola bersama pemerintah desa untuk sebesar besarnya kemakmuran warga desa”, himbau Wabup.

Karang taruna menurut Safin juga bisa menjadi agen pemerintah di bidang kesejahteraan sosial yaitu dengan ikut aktif membantu mengurangi angka kemiskinan yg ada di daerah.

“Selain itu karang taruna juga harus menjadi agen untuk memerangi narkoba, hoaks, dan lain-lain”, harap Safin.

Di acara itu, Safin melantik sebanyak 73 pengurus karang taruna dengan ketua terpilih Brilian Candra Andika. Hms/Gs

WABUP SAFIN BERI PUJIAN KARANG TARUNA BANCAK | b10news | 4.5