PIMPINAN DPRD PATI TERBENTUK

Pati, Meski baru dilantik dan diambil sumpahnya hari ini, menurut Bupati Pati Haryanto, para pimpinan DPRD Pati bukanlah wajah-wajah baru.

Namun demikian, ia mengajak pimpinan dewan untuk me-refresh pemahaman terkait tugas dan fungsinya agar sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Pati dan pimpinan dewan beserta seluruh anggotanya semakin meningkat.

Hal itu dikemukakan Bupati dalam pidatonya saat menghadiri Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Kabupaten Pati Masa Jabatan 2019/2024, Rabu (25/9), di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Pati.

“Sinergitas ini diperlukan dalam mengawal lahirnya peraturan daerah, produk-produk hukum lain, maupun dalam proses pengesahan APBD. Demikian juga dalam fungsi pengawasan yang ada pada dewan. Hendaknya juga dapat dipergunakan secara arif dan bijaksana agar tercipta keharmonisan hubungan antara pemerintah daerah dan DPRD”, jelas Bupati.

Bila eksekutif dan legislatif hubungannya baik, lanjut Haryanto, yang akan merasakan juga masyarakat secara umum.

Menurut Haryanto, bagaimanapun juga DPRD memiliki tanggung jawab yang sama dengan kepala daerah, yaitu mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pati.

Haryanto menyebut, sumpah dan janji yang terucap oleh pimpinan DPRD diharapkan menjadi komitmen yang dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas-tugas kedewanan.

“Hal ini penting, mengingat bahwa masyarakat menunggu realisasi janji-janji politik pada waktu kampanye”, lanjut Bupati.

Di ruang rapat paripurna DPRD Pati, Ketua Pengadilan Negeri Pati Suwarno mengambil sumpah empat anggota dewan yang hari ini dikukuhkan sebagai ketua dan wakil ketua DPRD Pati.

Mereka ialah Ali Badrudin (Ketua), Joni Kurnianto (Wakil Ketua 1), Hardi (Wakil Ketua 2), dan Muhammadun (Wakil Ketua 3).

Bupati Pati Haryanto atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Pati pun menyampaikan ucapan selamat kepada ketua maupun para wakil ketua yang telah dikukuhkan.

“Sempat kita dipimpin oleh pimpinan sementara dalam kurun waktu satu bulan. Namun, alhamdulillah pada pagi sampai siang ini, pimpinan DPRD periode 2019-2024 telah disumpah dan dilantik oleh ketua pengadilan negeri Pati. Semoga pimpinan dewan yang baru amanah dan membawa berkah untuk kita semua,” ucap Haryanto.

Haryanto berharap, setelah pelantikan ini, pimpinan dewan beserta alat kelengkapan dewan dapat langsung menyelesaikan tugas-tugasnya.

Menurutnya, banyak tugas-tugas yang menanti. Di antaranya adalah pembahasan APBD tahun 2020, evaluasi SOTK, dan pembahasan Raperda tentang revisi RTRW.

“Selain itu juga pembahasan Raperda-Raperda lain yang sudah terprogram pada tahun 2019. Kami juga berharap agar semua program kerja pimpinan DPRD maupun anggota DPRD pada periode 2019-2024 nantinya juga selaras dengan rencana kerja pemerintah daerah yang telah tersusun dengan baik,” tuturnya.

Ia berharap pelantikan ini jangan hanya dimaknai sebagai bentuk seremonial belaka melainkan merupakan janji yang tulus dan jujur atas tantangan ke depan dalam melaksanakan tugas-tugas pimpinan dewan dan seluruh anggotanya. Hms/Gs

PIMPINAN DPRD PATI TERBENTUK | b10news | 4.5