PATI JADI KABUPATEN PERTAMA BAGIKAN KARTU HAJI

Pati, Pengajian tasyakuran kedatangan jamaah haji 1440 H / 2019 dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Pati, Selasa (17/9). Hadir Bupati Pati bersama Sekda, Forkopimda untuk menyambut seluruh jamaah dan pengurus jamaah haji 2019. Tak hanya itu, para stakeholder yang berkaitan dengan proses pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji juga ikut dalam acara yang tasyakuran yang dihadiri 1500 orang ini.

Bupati Haryanto menyampaikan terimakasih atas kehadiran seluruh jamaah, dan juga kepada panitia yang sudah membantu para jamaah mulai dari berangkat hingga bisa pulang dan bertemu dengan keluarganya.
“Oleh karena itu hari ini kita wajib bersyukur karena 1081 jamaah telah menunaikan ibadah haji,” ucapnya.

Bupati mengungkapkan, para jamaah yang meninggal bukan karena usia melainkan karena fisik yang kurang sehat, karena kurangnya istirahat hingga kelelahan, lalu sakit dan meninggal dunia.
“Oleh karena saya selalu menghimbau dan selalu mengingatkan pada waktu pemberangkatan harus mengatur waktu yang lebih untuk menjaga kesehatan dan yang punya riwayat sakit harus diperhatikan,” imbuhnya.

Di kesempatan ini Bupati menjelaskan para jamaah haji yang sudah pulang akan mendapatkan kartu haji dan juga sertifikat penghargaan.
“Pemerintah sudah mencetak sejumlah 1.252 kartu, tapi karena pengumpulan data yang sangat susah maka akan diproses ditahap selanjutnya,” jelas Haryanto.

Selain itu, Haryanto juga memaparkan manfaat dari Kartu Haji sendiri yaitu untuk identitas diri para jamaah.
“Bagi Jamaah yang akan berangkat umroh dan mempunyai kartu haji akan mendapatkan diskon akan dari biro yang bekerjasama dengan kami. Kabupaten Pati termasuk satu kabupaten atau kota di Jawa Tengah yang pertama mempunyai kartu haji, yang mana pada tanggal 25 akan disusul dari Kabupaten Banyumas,” papar Bupati.

Sementara itu Wakil Ketua Panitia Jama’ah Haji tahun 2019 Abdul Hamid menyampaikan dalam laporanya jumlah seluruh jamaah haji yang berangkat baik yang riil berangkat dari Pati maupun yang mutasi berangkat dari daerah lain berjumlah 1.081 jamaah. Sedangkan yang pulang ke tanah air berjumlah 1.076 dengan keterangan empat orang wafat di tanah suci, serta 1 orang masih dalam perawatan di rumah sakit kota Madinah.
“Jamaah yang berangkat dari Pati dibagi 5 kloter pemberangkatan yaitu kloter 59, 60,61, 62 dan 96,” pungkasnya. Hms/Gs

PATI JADI KABUPATEN PERTAMA BAGIKAN KARTU HAJI | b10news | 4.5