Gaji Pas-pasan Bukan Halangan untuk Liburan, Begini Menyiasatinya

Supaya tetap waras dalam menghadapi beban kerja yang gila-gilaan, setiap orang idealnya memang perlu pergi liburan. Minimal banget 1 kali dalam setahun. Tapi buat sebagian orang yang punya gaji pas-pasan, pergi liburan mungkin hanya terkesan angan-angan. Padahal, semua bisa terwujud kalau kamu tau caranya mengatur dan menyiasati keuangan!

Ditambah lagi, di jaman sekarang, mendapat akses kredit juga lebih mudah dengan munculnya berbagai fintech kredit hingga pinjaman uang online seperti Kredivo. Nggak perlu punya gaji besar untuk bisa dapat akses kredit, dengan Kredivo, minimum persyaratan penghasilan untuk pendaftar hanya Rp3 juta per bulan. Selain itu, kamu juga wajib telah berusia minimal 18 tahun dan berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. 

Plus, akses kreditnya nggak terbatas hanya untuk barang atau di e-commerce aja. Kredivo juga bermitra dengan banyak Online Travel Agent (OTA) mulai dari Tiket.com, pegipegi.com, Panorama Tours, Citilink, RedDoorz, Blibli Travel, dan masih banyak lagi. Jadi, nggak ada alasan lagi untuk nggak bisa liburan. Yuk, siasati dengan cara ini. 

Cicil akomodasi liburan  maksimal 1 tahun sebelum keberangkatan

Tahukah kamu kalau tiket pesawat dan juga hotel bisa dipesan maksimal 1 tahun sebelum tanggal keberangkatan? Misalnya, hari ini adalah 1 Januari 2019, maka kamu maksimal bisa pesan tiket pesawat dan juga hotel maksimal untuk keberangkatan 1 Januari 2020. Kok lama banget? Apa sih untungnya pesan tiket pesawat dan hotel dari jauh-jauh hari? 


Nah, salah satu keuntungannya tentu aja kamu bisa dapat kisaran harga tiket pesawat ataupun hotel yang jauh lebih murah dibandingkan kalau kamu pesan 3 bulan sebelumnya atau bahkan mendadak. Selain itu, kamu akan punya waktu lebih banyak untuk membandingkan harga akomodasi dari OTA satu ke OTA lain dan juga menabung untuk uang saku selama liburan. 

Kalau mau lebih murah lagi, kamu bisa geser waktu liburan ke masa low season atau periode yang bukan jadi favorit wisatawan untuk liburan: misal saat musim hujan di bulan Agustus – Oktober. Periode low season akan berubah-ubah tergantung destinasi wilayah yang ingin kamu kunjungi. Yang sudah pasti mahal untuk liburan adalah akhir tahun menjelang awal tahun baru karena libur panjang. 

Sudah dapat harga murah tapi masih mau dicicil? Tentu bisa dong! Kalau sudah punya akun dan limit Kredivo, kamu nggak perlu apply kartu kredit lagi cuma buat nyicil akomodasi liburan. Tapi, sebelum cicil akomodasinya, rencanakan dulu liburan kamu dengan matang terutama bujetnya. Misal, kamu ingin berkunjung ke Thailand 8 bulan lagi dari sekarang dengan bujet akomodasi tiket pesawat PP plus hotel seminggu sebesar Rp3.500.000. 

Dengan Kredivo, kamu bisa cicil tiket pesawat dan hotel tanpa uang muka dengan pilihan tenor 3/6/12 bulan, dan suku bunga angsuran 2,95% per bulan. Kamu bebas pilih tenor cicilan sesuai kapasitas keuangan. Kalau mau lunas sebelum liburan 8 bulan lagi, maka pilih tenor yang 6 bulan. Sebelum menyetujui kredit, pada halaman checkout pembayaran dengan Kredivo akan ada simulasi cicilan yang ditampilkan secara transparan: berapa tepatnya jumlah angsuran yang harus kamu bayarkan per bulan, plus hitungan bunganya. 

Selain akses cicilan barang atau akomodasi liburan, Kredivo juga memiliki fitur pinjaman uang online yang bernama pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Dengan fitur pinjaman uang online ini, limit yang kamu miliki di akun Kredivo bisa dicairkan menjadi pinjaman uang tunai, apabila sewaktu-waktu kamu membutuhkannya. Suku bunga pinjamannya sama dengan cicilan, hanya 2,95% per bulan, namun pilihan tenornya tersedia mulai 30 hari, 3 bulan, dan maksimal hingga 6 bulan aja. 

Buka tabungan jangka panjang khusus untuk liburan

Malas mencicil akomodasi traveling karena ada bunganya? Nggak masalah, kamu punya opsi lainnya untuk membuka tabungan jangka panjang khusus untuk rencana liburan. Nggak cuma fintech, sekarang ini juga banyak beberapa aplikasi perbankan terpercaya yang bisa kamu andalkan untuk membuat tabungan berjangka. 

Jumlahnya bisa diatur oleh kamu sendiri dan disesuaikan dengan kemampuan. Misalnya, penghasilan kamu per bulan adalah Rp4 juta. Lalu, setelah dihitung-hitung untuk aneka pengeluaran ini dan itu setiap bulannya, yang bersisa untuk ditabung hanya Rp200.000. Maka, kamu bisa berkomitmen untuk menabung di awal sebesar Rp200.000 setiap bulannya sesuai jangka waktu yang ditentukan. Kalau mau lebih berkorban lagi, kamu bisa menghemat biaya makan ataupun jatah uang untuk hangout bulanan dan uangnya dimasukkan untuk tabungan liburan yang sudah dibuat. Sedikit demi sedikit lama-lama bisa jadi bukit. Makin hemat dan disiplin mengatur keuangan, tau-tau kamu sudah bisa keliling Indonesia buat liburan! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.