PATI PENGHASIL SAPI PERANAKAN ONGOLE TERBESAR DI JATENG

Pati, Bupati Pati Haryanto menghadiri Lomba Ternak dan Peternakan Expo yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertannak) Kabupaten Pati, di Hutan Kota Kalidoro (3/8/19).

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin), Sekda, Forkompinda, OPD dan perwakilan Dispertan Jateng Agus Sucipto.

Bupati mengatakan populasi sapi peranakan ongole yang berada di Jawa Tengah kurang lebih sekitar 1 juta, dan Kabupaten Pati merupakan salah satu kabupaten dengan penyumbang peranakan ongole terbesar.

Sapi berpunuk yang juga dikenal dengan sebutan sapi PO ini dikenal mampu berdaptasi terhadap berbagai kondisi lingkungan.

Namun dengan pengembangan potensi peternakan yang ada, lanjutnya, masyarakat cenderung lebih antusias mencari cara memelihara secara cepat, hasilnya banyak dan mendapatkan pendapatan yang besar.

“Jadi tidak memperhitungkan bahwa itu adalah peranakan. Sebab yang dikejar adalah nilai ekonominya. Tapi dengan adanya perkembangan semacam ini apabila tidak ada bimbingan melalui lomba ternak seperti ini, maka populasi peranakan itu pun akan cepat punah”, terang Haryanto.

Oleh karena itu Bupati amat mengapresiasi kegiatan seperti ini. “Ya sebagai salah satu upaya untuk memotivasi para peternak agar populasi yang ada tidak cepat hilang dan punah”, harapnya.

Tidak hanya sapi dan kambing saja, menurut Haryanto, populasi ayam juga memiliki jumlah populasi yang paling besar, dan bernilai ekonomi yang lumayan tinggi.

Berdasarkan data yang ada bupati menyebut bahwa jumlah populasi ayam per tahun mencapai 25 juta.

“Dengan jumlah sekian tinggal mengkalikan dengan harga per 1 kilogramnya. Sudah tentu itu membantu perekonomian di Kabupaten Pati”, harapnya.

Haryanto menambahkan, apabila peternakan dikembangkan, maka jumlah populasi akan stabil, nilai ekonomi meningkat, dan dapat mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Pati. “Sebab masyarakat tentunya akan termotivasi untuk beternak”, cetusnya.

Sementara itu, Kepala Dispertanak Kabupaten Pati Muchtar Efendy mengatakan bahwa dalam kegiatan ini ada kontes contoh ternak – ternak hasil budidaya yang baik.

Lomba ini diikuti oleh peternak dari 21 kecamatan se-kabupaten Pati. Peternak sapi sebanyak 63 orang dan peternak kambing 62 orang.

Ia menyebut, ada sejumlah kategori dalam lomba tersebut, yaitu sapi pejantan PO, calon kejer indukan PO, calon indukan dan sapi eksotis.

Sedangkan untuk kategori kambing yaitu, calon indukan kelas kaligesing, calon pejantan kelas kaligesing, kambing induk kelas kaligesing serta kambing kacang. Hms/Gs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.