BAWASLU PATI AJAK SEDULUR SIKEP IKUT MENGAWASI PEMILU

Pati, Dalam Pemilu 2019 sasaran yang digandeng Bawaslu Pati untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu adalah warga Sedulur Sikep yang tinggal di desa Baturejo Sukolilo Pati. Sekelompok masyarakat penganut ajaran Samin Surosentiko alias Raden Kohar, merupakan tokoh asal Blora yang pernah melakukan pembangkangan terhadap pemerintah kolonial Belanda pada 1890 terkait soal pajak yang dianggap membebani para petani. Kegiatan yang dihadiri seratusan Sedulur Sikep dikemas dalam bentuk sarasehan tersebut diselenggarakan di rumah Icuk Banban Desa Baturejo Kecamatan Sukolilo Pati. (Jum’at, 8/3/19).

Dalam sarasehan tersebut Anggota Bawaslu Pati Achwan didampingi Ayu Dwi Lestari menyampaikan pentingnya peran serta masyarakat dalam pengawasan pemilu, “Jika hanya mengandalkan Bawaslu beserta jajaran tentu kurang maksimal tanpa adanya kepedulian masyarakat dalam mengawal pemilu yang bersih dan bermartabat,” demikian yang disampaikannya dalam Bahasa Jawa.

Gunretno, tokoh sedulur sikep yang sejak 2006 memimpin penolakan rencana pendirian pabrik semen di Sukolilo, juga hadir dan memberikan tanggapan atas kegiatan tersebut. “Masyarakat tidak hanya diajak datang di TPS, tapi juga mengawasi pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, ini luar biasa. Karena biasanya sosialisasi selama ini hanya mengajak mencoblos saja,” demikian ujarnya.

Selain komunitas Sedulur Sikep, kegiatan sarasehan tersebut juga dihadiri unsur Muspika Sukolilo dan Pemerintah Desa Baturejo. Goes

BAWASLU PATI AJAK SEDULUR SIKEP IKUT MENGAWASI PEMILU | b10news | 4.5