PELATIHAN FRUIT CARVING BERSAMA KARANG TARUNA KEC PATI DAN KOMUNITAS 3- GO

Pati, Karang Taruna Kecamatan Pati dan Komunitas 3-GO serta Komunitas Crafter Perempun Pati mengadakan Pelatihan Fruit Carving yaitu Seni mengukir buah di aula Arpusda Pati ( selasa, 6/11/18 ).

Kegiatan ini diharapkan bisa menambah kreatifitas dari remaja, ibu-ibu dalam menambah nilai seni dalam menghias hidangan biar lebih cantik dan menarik.

Antusias sebanyak 48 peserta yang ikut pelatihan tersebut memberikan rasa kebanggan bagi penyelenggara. Para peserta mayoritas dari ibu RT, PKK, komunitas 3-GO dan Crafter serta LPK.

Bagi mereka Fruit Carving merupakan ilmu baru yg mereka harapkan bisa memberikan sentuhan seni ketika ada kegiatan menghias tumpeng, merangkai sayur buah sebagai menghias hidangan di meja ketika ada tamu atau ada kegiatan lomba.

Alat yg digunakan juga sangat sederhana seperti pisau, cutter, tusuk gigi, pisau bergerigi dan lainnya.
Untuk bahan sayur bisa tomat, worter, lobak, slada, daun bawang, cabe, sawi dan sejenisnya.
Buah jg kita pakai yang lunak sehingga mudah diukir seperti pepaya, melon, semangka dan mentimun.

Latihan dasar tentang pemilihan sayur dan buah yang bagus, cara merangkai dan mengukir diberikan bunda Anis Puji Astuti Carvingers dari Yogya dapat diterima dengan baik oleh peserta. Namun mereka berharap ada tahap pelatihan selanjutnya untuk lebih mendalami dan menekuni ukir buahnya.

Karena ukir buah butuh ketelatenan, kejelian dan ketrampilan tangan untuk cara dalam menggunakan pisaunya supaya menghasilkan karya yang indah dan cantik serta bernilai seni.

Anggota Karta Kecamatan Pati Fatmi Nurjanah mengatakan jika Pelatihan Fruit Carving tahap berikutnya bisa dilaksanakan bulan depan dengan durasi waktu sehari.

Semoga ilmu tadi bisa dipraktekkan bermanfaaat dan ditularkan di kelompok mereka masing-masing.

Semoga Karang Taruna Kecamatan Pati dan komunitas yang lain bisa saling berkolaborasi dan bersinergi dalam kegiatan positif. Fatmi/Gs

PELATIHAN FRUIT CARVING BERSAMA KARANG TARUNA KEC PATI DAN KOMUNITAS 3- GO | b10news | 4.5