BUPATI PATI HADIRI SERAH TERIMA PERALATAN PASCA PANEN

Pati, Bupati Pati H.Haryanto kemarin menghadiri serah terima dan bimbingan teknis generator ozon (D’ozone) inovasi perguruan tinggi dengan tema industri berbasis teknologi plasma untuk pangan di desa Lumbung Mas, Kecamatan Puncakwangi.

Turut hadir di acara itu, anggota DPR RI, Djoko Udjianto, Kepala Dispertan, akademisi Undip Herniwati Retno Handayani, Direktur Inovasi Industri Kementristek Dikti Santoso Yudo Warsono, akademisi Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Undip Mohammad Nur dan Forkompimcam Pucakwangi.

Dalam acara tersebut berlangsung penyerahan alat generator ozon untuk desa Lumbung Mas, Kecamatan Puncakwangi. Ini merupakan peralatan pasca panen guna memperpanjang waktu simpan produk hortikultura karena Pati dikenal dengan slogan “Pati Bumi Mina Tani”-nya.

Alat ini bekerja dengan pencucian dan penirisan menggunakan air berozon sehingga dapat menghilangkan jamur, bakteri, dan pestisida yang bisa memicu pembusukan produk pertanian.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Mokhtar Efendi menyatakan, produk hortikultura sayuran mempunyai karakteristik mudah rusak sehingga memerlukan penanganan pascapanen yang khusus.

“Untuk menjaga produk hortikultura yang berkualitas dengan mutu yang baik, segar dan aman konsumsi, perlu upaya penanganan yang baik dan konsisten mulai dari panen hingga ke konsumen,” kata Mokhtar Efendi

Ia pun mengingatkan bahwa penanganan pasca panen yang buruk akan membuat nilai jual menurun dan bahkan tidak layak jual. “Biasanya tingkat kerusakan mencapai 20–30 % sehingga pendapatan yang diterima petani mengalami penurunan”, pungkasnya. Hms/Gs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.