SENI DAN BUDAYA PENUH MAKNA DALAM TMMD DI PATI

Pati, Unik dan menarik, begitu rasanya kata-kata yang tepat untuk menggambarkan rangkaian upacara pembukaan TMMD Reguler ke-101 di Lapangan Desa Godo, Kecamatan Winong Pati. Bukan hanya sekedar upacara formal saja. Upacara dikemas dengan ceremonial dengan sisipan unsur seni dan budaya dalam prosesi penyambutan tamu, tutur Letkol Arm Arief Darmawan, SSos. Selaku Komandan Kodim 0718/Pati yang juga bertindak sebagai Dansatgas TMMD Reg. ke-101.

Yang menarik adalah tatkala rombongan tamu kehormatan dipaksa turun di jalan sebelum memasuki lapangan Desa Godo, Kecamatan Winong Pati. Bukan apa-apa, rombongan dijemput dan diarak oleh Drum Band SMK Alfalah Pekalongan Winong untuk menuju lokasi upacara.

Tak hanya selesai sampai disitu saja. Setelah drumd band, kembali rombongan dijemput dengan seni Hadrah atau Rebana Remaja Masjid desa setempat.
Prosesi sakral tampak pada saat seremonial pengalungan bunga kepada tamu kehormatan. Tamu dikalungi bunga oleh para putri yang berpakaian adat jawa, kemudian diiring menuju tenda kehormatan dengan cucuk lampah atau pembuka jalan penari dengan kostum tokoh pewayangan, Gatotkaca dan diiringi oleh tetabuhan gending-gending gamelan Jawa. Ini sebagai wujud penggambaran dari prosesi penyambutan dan penghormatan kepada para kesatria-kesatria yang datang ke Desa Godo untuk membantu pembangun demi kemajuan desa.

Hadir dalam pembukaan TMMD Reguler 101 Tahun 2018, Asisten Administrasi Provinsi Jawa Tengah Drs. Budi Wibowo, M.Si, Irdam IV/Dip Kol Inf Legowo, Sahli Pangdam IV/Dip Kol Inf Senmart Tonda, Danrem 073/Mkt Kol Inf Jony Pardede, Kahubdam IV/Dip Kol CHB Dadang Jaelani, Kainfolahtadam IV/Dip Kol Inf Jefson Marisano, Katopdam IV/Dip Kol CTP Agus Sumantri Sudarma BE, Kakudam IV/Dip Kol CKU Adi Wahyudi, SH, Paliason TNI-AL, Kastdisjan Rem 073/Mkt, Para Kasi rem 073/Mkt, Forkopinda Kabupaten Pati, Para Kadis Pemda Kabupaten Pati, Muspika se Kecamatan winong, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh daerah Desa Godo. Gs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.