Bupati Pati Sambut Baik Operasi Katarak Dalam Peringatan Penglihatan Sedunia

Berita10 Pati, Dalam rangka memperingati Hari Pengelihatan Sedunia tahun 2017 Dinas Kesehatan Kabupaten  Pati bersama Dinas Kesehatan Prov. Jateng , BKIM Provinsi Jawa Tengah dan RSU RAA Soewondo Pati menyelengarakann Bhakti Sosial Operasi Katarak Gratis  bagi penderita tidak mampu yang belum punya jaminan kesehatan baik Jamesda/BPJS. Bhakti sosial dilaksanakan di RSU RAA Soewondo. (12/10/17). Kegiatan ini mendapat perhatian khusus dari bapak Bupati Pati Haryanto SH,MM,M.Si menyempatkan diri untuk melihat langsung  dan memberikan apresiaisi terhadap kegiatan semacam ini.  
Bhakti Sosial ini diawali dengan Screening awal oleh tim Puskesmas dan ditemukan penderita katarak sebanyak 55 orang . Kemudian dari 55 org tersebut di laksankan screening kedua pada tanggal 11 oktober 2017 oleh tim BKIM semarng bersama tim RSUD RAA Soewondo memeriksa 47 org yang dinyatakan lolos secara administratif dan menentukan 33 org yang benar2 katarak matur. Sebanyak 14 orang penderita tidak lolos dikarenakan adanya kelainan refraksi, glaukoma, belum matur, tensinya tinggi  dan gula darah tinggi. Operasi katarak dilaksanakan pada tanggal 12 oktober 2017 di RSUD RAA Soewondo Pati dengan jumlah pasien sebanyak 32 orang sedangkan 1 orang gagal dilaksankan tindakan karena GDS nya tinggi.
Hari penglihatan sedunia setiap tahun jatuh pada hari Kamis minggu kedua bulan Oktober. Peringatan Hari Penglihatan Sedunia dimulai sejak tahun 1998 oleh Lions Club Internaional yang kemudian di integrasi menjadi vision 2020 dibawah koordinasi WHO dan International Agency for The Preventionof Blindness ( IAPB ). Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap kebutaan dan gangguan penglihatan sebagai masalah kesehatan masyarakat di wilayah Kabupaten Pati khususnya. Goes

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.