Masakan Tradisional Indonesia Pecel Madiun

Masakan Tradisional Indonesia Pecel Madiun

Masakan Tradisional Indonesia Pecel Madiun

Pecel termasuk ke dalam masakan tradisional Jawa yang terdiri dari berbagai jenis sayuran yang dikombinasikan dengan saus kacang diatasnya. Biasanya disajikan dengan nasi hangat atau bisa juga memakai lontong atau ketupat. Saus kacang tersebut seperti halnya pada jenis makanan yaitu gado-gado. Saus kacang tadi tidak menggunakan santan. Secara umum, pecel identik dengan masakan tradisional Jawa. Salah satu variannya adalah Pecel Madiun.

 

Komposisi dari pecel terdiri dari aneka macam sayuran yang telah direbus terlebih dahulu. Sayuran tersebut terdiri dari bayam, kacang panjang, mentimun, daun jeruk sebagai bumbu, kacang yang telah dilembutkan, garam, gula jawa, dan air asam jawa. Bagi yang mempunyai selera pedas, bisa menambahkan cabai sesuai selera. Selain itu, masih ada bumbu lainnya berupa jahe. Lauk pelengkapnya terdiri dari tempe dan tahu goreng, perkedel kentang, bakwan jagung, dan rempeyek kacang atau bisa diganti dengan kerupuk. Saus tadi bisa beraneka macam jenisnya, bergantung darimana pecel berasal. Pecel sendiri kurang diketahui darimana asalnya. Namun, daerah yang paling terkenal sebagai pembuat pecel adalah Madiun. Sehingga, muncul kuliner Pecel Madiun.

 

Seperti halnya Pecel Madiun, hidangan pecel bisa ditemui hampir di setiap sudut wilayah pulau Jawa. Tidak hanya menjadi masakan rumahan saja, namun sebagian besar telah berkembang menjadi restoran dengan menu utama pecel. Selain itu, masih banyak pula pedagang yang menjajakan dagangan pecel dari rumah ke rumah, sehingga terkenal dengan sebutan “Mbok Bakul Pecel”. Biasanya pecel tersebut dimasukkan ke dalam keranjang lumayan besar di kanan dan kiri dari sepeda. Kemudian, pedagang akan membawa pecel tersebut untuk dijajakan dari rumah ke rumah. bahkan, kadang ada yang menjajakan sambil bersuara “Pecel, Pecel”. Hal ini hampir sama dengan bakul jamu gendong yang biasa berkeliling untuk menjajakan jamunya. Cara ini memang masih menjadi tren dan ciri khas dari masyarakat Indonesia. Sehingga, aktivitas ini bisa dijadikan sebagai cerminan dalam hal menjajakan masakan tradisional Indonesia. Sudah selayaknya bila selalu mencintai masakan tradisional Indonesia dengan ciri khas berdagang yang telah lama melekat sebagai cermin budaya Indonesia.
Pecel madiun juga merupakan salah satu menu nasi kotak special dari Dapursolo, yang merupakan restoran tradisional di Jakarta yang menyajikan berbagai masakan khas Jawa. Anda bisa menyajikan pecel madiun untuk tamu atau acara-acara atau sekedar melepas rindu dengan rasa masakan madiun yang satu ini.

Masakan Tradisional Indonesia Pecel Madiun | admin | 4.5