Jadi Panwas Harus Bebas Narkoba

Berita 10 Pati, Persyaratan untuk bisa menjadi Pengawas Pemilu dalam Pilihan Gubernur Jawa Tengan 2018 harus bebas dari narkoba atau obat terlarang. Pembuktian tersebut harus dilakukan sebagai persyaratan yang dipenuhi sebelum Pelantikan Anggota Panwascam se Pati. Berdasarkan Surat Bawaslu Jawa Tengan Nomor : 179/Bawaslu Prov.Jt/OT.00/IX/2017 tanggal 11 September 2017 perihal Pedoman Pembentukan Panwas Kecamatan, bahwa calon Terpilih Anggota Panwascam sesuai surat Ketua Panwas Kabupaten Pati Nomor 19/bawaslu Prov.Jt.17/HK.01.01/IX/2017 tanggal 23 September 2017 tentang Pengumuman Penetapan Calon Anggota Panwascam se Kabupaten Pati agar Calon Terpilih Panwas Kecamatan Wajib Menyerahkan Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Instansi yang berwenang sebelum Pelantikan.

Ketua Panwas Kabupaten Pati Achwan, S.PdI, M.Si didampingi anggota Ahmadi, Sos membenarkan jika persyaratan tersebut mutlak harus dipenuhi oleh Calon Terpilih Panwas Kecamatan se Pati dan Jateng dalam Pilgub Jateng 2018. Persyaratan itu harus diserahkan kepada Panwas Kabupaten sebelum pelantikan. Untuk Kabupaten Pati ada 63 Calan Anggota Panwascam yang tersebar di 21 Kecamatan. Sebelumnya mereka telah lolos mengikuti seleksi adminstrasi, tertulis dan wawancara.

Salah Satu Calon Panwascam yang lolos Edy Gunawan menyambut baik langkah yang diambil Bawaslu Jateng untuk menambah persyaratan para Panwascam se Jateng. Dengan persyaratan tersebut legalitas anggota Panwas sangat jelas dalam mendukung tugas pengawasan dalam Pemilu atau Pilkada. Dirinya juga berharap persyaratan tersebut nantinya juga diterapkan di tingkat KPU, PPK dan PPS. Karena mereka juga sebagai penyelengara Pemilu dan Pilkada. Goes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.