Pemahaman Alergi Obat dan Resikonya yang Besar

Pemahaman Alergi Obat dan Resikonya yang Besar

Pemahaman Alergi Obat dan Resikonya yang Besar

Alergi biasanya selalu dikaitkan dengan makanan, dengan perkecualian alergi bulu hewan. Namun tahukah Anda bahwa Anda pun bisa mengalami alergi terhadap obat-obatan? Ini adalah hal yang harus Anda perhatikan, karena pemahaman alergi yang benar akan bisa menyelamatkan hidup Anda jika Anda membutuhkan obat tertentu. Karena jika dibiarkan saja, maka Anda bisa mengalami reaksi yang bahkan mungkin lebih berbahaya daripada alergi lainnya.

Beberapa hal tentang alergi terhadap obat yang harus Anda ketahui adalah sebagai berikut:

  • Reaksi ini biasanya tak langsung muncul, tapi lebih merupakan konsekuensi dari adanya pembentukan bertahap antibody yang kemudian melawan obat yang Anda konsumsi tersebut.
  • Bisa jadi, ketika Anda mengkonsumsi obat tertentu, Anda tak akan mengalami reaksi apa pun (atau reaksi ringan saja, yang bisa diinterpretasikan menjadi banyak hal). Baru setelah pemakaian obat yang kedua, ketiga, dan seterusnya, tubuh bereaksi.
  • Beruntung sebagian reaksi dari alergi obat lebih merupakan gejala ringan dan tak terlalu berbahaya. Meskipun begitu, tetap ada resiko terjadinya anaphylaxis yang membuat fungsi tubuh berhenti. Jadi hati-hatilah.

Obat yang bisa memicu alergi sendiri ada macam-macam, terutama antibiotik. Tapi selain itu, obat seperti aspirin, insulin, krim, dan bahkan vaksin pun juga bisa memicu alergi. Kalau Anda pernah berada dalam situasi berikut ini, maka hati-hatilah, karena itu berarti resiko Anda mengalami alergi obat makin besar:

  • Ada anggota keluarga Anda yang memiliki alergi terhadap obat-obatan tertentu.
  • Anda pernah menggunakan obat-obatan dalam jangka panjang dengan dosis yang cukup tinggi. Ini akan membuat resiko makin besar.
  • Anda yang memiliki alergi lain seperti alergi makanan dan alergi obat juga punya resiko yang lebih besar.
  • Anda memiliki penyakit tertentu yang membuat Anda harus mengkonsumsi obat dalam jangka panjang.

Karena itulah, jangan ragu untuk belajar lebih jauh dari dokter alergi anak yang mengetahu tentang alergi obat. Konsultasilah dengan dokter Anda untuk mendapatkan tes, baik tes kulit maupun darah. Dengan demikian, Anda tahu persis bagaimana kondisi tubuh Anda dan bisa berjaga-jaga. Jangan sampai keinginan Anda untuk sembuh justru membuat kondisi kesehatan Anda makin buruk.

Pemahaman Alergi Obat dan Resikonya yang Besar | admin | 4.5