Dari Limbah Duri Ikan, Mahasiswa Ini Sukses Buat Krupuk

Dari Limbah Duri Ikan, Mahasiswa Ini Sukses Buat Krupuk

Dari Limbah Duri Ikan, Mahasiswa Ini Sukses Buat Krupuk

Berita10. Pati. Berawal dari keprihatinan melihat tumpukan limbah duri ikan yang terbuang percuma di tempat pengolahan ikan, tiga mahasiswa Huda, Vikcy dan Dyan yang tinggal di Desa Mojoagung Trangkil Kabupaten Pati ini berhasil mengolah limbah duri ikan menjadi krupuk yang laris di pasaran. Duri ikan kakap merah yang banyak menumpuk di tempat pengolahan ikan (TPI) Banyutowo Dukuhseti ternyata bisa mendatangkan keuntungan yang sangat menjanjikan. Limbah duri ikan kakap merah berhasil diolah oleh tiga orang mahasiswa tersebut dengan cita rasa yang gurih dan enak.

Gagasan itu muncul berawal saat melihat tumpukan duri ikan kakap di TPI banyutowo. Ikan kakap merah hanya dimanfaatkan dagingnya tapi durinya dibuang begitu saja tanpa ada gunanya. Lantas muncul ide dari mereka untuk membuat kerupuk dari duri ikan. Awalnya produk yang dibuat hanya sedikit dan untuk kalangan tertentu dan tetangga. Namun karena permintaan meningkat sehingga usaha tersebut menjadi produk yang bisa dihandalkan baik untuk kebutuhan sehari-hari dan membayar uang kuliah.
Untuk membuat krupuk duri ikan caranya cukup mudah sebelumnya disiapkan bumbu tepung tapioka, telur, gula, garam, dan bawang putih. Proses pembuatan dimulai dari penjemuran.

Pertama duri ikan dijemur sampai kering lalu dihaluskan dengan cara diblander. Setelah itu, dicampur dan diaduk dengan bumbu-bumbu.
Setelah padat adonan dikukus hingga matang selanjutnya diiris berbentuk bundar. Tahap terakhir yakni dijemur, selanjutnya krupuk duri mentah siap digoreng dan dipasarkan.
Karena terbuat dari duri ikan, sehingga memiliki kandungan kalsium yang baik untuk tulang dan perkembangan tubuh.

Setelah beberapa bulan, usaha yang digeluti ketiga mahasiswa itu kini telah mendatangkan keuntungan melimpah. Untuk kemasan ukuran sengaja dibuat dua bungkus dengan ukuran besar dan kecil. Ukuran kecil untuk kalangan pelajar dan warga. Adapun bungkus besar untuk dikirim di kota atau daerah lain sesuai pesanan. Untuk lebih mengenal produk ini dinamakan krupuk duri ikan Riwak (Duri Iwak)

Sekarang penjualan sudah sampai luar kota bahkan hingga Jakarta, Bandung, dan Surabaya dan luar Jawa. Goes

Dari Limbah Duri Ikan, Mahasiswa Ini Sukses Buat Krupuk | admin | 4.5