Evaluasi Panwas Di Pilkada Pati

Pati, Pilkada Pati telah berlangsung dengan lancar dan sesuai harapan dari warga masyarakat. Berbagai persoalan dan kendala mampu terpecahkan, walau menjadi catatan tersendiri dalam beberapa tahapan. Pilkada di Pati menjadi perhatian publik dan nasional ketika digelar. Berbagai persoalan dan polemik selalu muncul dan menjadi bahan dalam pembahasan nasional. Pilkada di Pati pernah muncul adanya golput yang tinggi, kemudian adanya dua paslon yang mendaftar di KPU dalam satu partai. Dan yang terakhir ini adanya satu paslon yang melawan gambar kosong.

Salah satu Panwascam Kecamatan Winong Ayu Dwi Lestari mempunyai pendapat jika Pilkada di Pati selama ini sangat unik dan lain dibandingkan dengan daerah lain. Berbagai persoalan dan topik muncul dan menjadi pembahasan nasional. Kabupaten Pati yang awalnya tidak terdengar, dengan adanya persoalan Pilkada yang menasional menjadi barometer pemilu di Indonesia.

Adapun Edy Gunawan dari Panwascam Wedarijaksa mempunyai kesan tersendiri selama mengawal pemilu di Pati. Sudah hampir lebih 10 tahun dirinya ikut terlibat dalam mengawal sekaligus mengawasi jalannya pemilu di Pati . Pemilu atau Pilkada di Pati terasa lain, harus ada keberanian dan mempunyai wawasan yang komplit. Tidak hanya kemampuan pemilu namun hubungan dan jalinan komunikasi yang baik dari berbagai elemen. Harus pandai-pandai bergaul dengan semua tingkatan, termasuk dengan LSM dan Insan pers. Berbagai polemik dan persoalan yang terjadi di Pati tidak lepas dari peran mereka. Informasi publik yang selalu muncul dan berkembang harus dapat diserap dan dipahami secara jelas.

Selama ini tugas yang diemban jajaran Panwas sangat solid dan terjalin hubungan yang baik dari semua jajaran. Berbagai persoalan intern mampu diredam secara kebersamaan. Harapannya dengan tugas yang dilakukan selama ini akan menambah wawasan, kerabat dan terjalin rasa kekeluargaan diantara para anggota walau tugas sebagai Panwas akan berakhir. Dengan kinerja yang baik, tanggung jawan dalam mengawal demokrasi di Pati sebagai bukti wujud nyata mensukseskan Pilkada Pati. Terkait dengan persoalan di DKPP dan MK merupakan wujud adanya demokrasi murni yang ada di Pati. Gs

Evaluasi Panwas Di Pilkada Pati | admin | 4.5