Anak SD di Pati Lestarikan Budaya Batik

Anak SD di Pati Lestarikan Budaya Batik
Anak SD di Pati Lestarikan Budaya Batik

Pati, Melestarikan batik tak hanya dengan mengenakan baju batik secara rutin. Di Pati Jateng sejumlah anak Sekolah Dasar melestarikan seni budaya leluhur dengan belajar membatik. Kegiatan membatik dilakukan secara rutin dan mendapat bimbingan atau arahan dari guru SBK.

Kegiatan belajar membatik di Pati, diikuti oleh berbagai siswa Sekolah Dasar di berbagai wilayah yang tersebar di Pati. Mereka dengan sabar dan tekun mengikuti setiap tahap membatik, mulai dari menggambar pola, mencanting, memberi warna, memoles malam, hingga dilorot. Dengan membatik ini para siswa selain melestarikan budaya nenek moyang juga bisa menambah penghasilan karena karya batik juga ada yang membeli.

Kegiatan ini terlihat jelas di Sekolah Dasar Jambean Margorejo Pati. Setiap satu minggu dua kali anak-anak diajarkan untuk membatik secara bersama. Mereka merasa senang dan giat dalam membuat ornamen batik dengan berbagai pola. Kegiatan sangat rutin sehingga sangat bermanfaat bagi para siswa.

Para siswa yang terdiri dari kelas tiga hingga kelas enam sekolah dasar itu tampak menikmati membatik yang merupakan pengalaman baru baginya. Meski begitu, mereka tidak terlihat kaku dalam membatik. Pasalnya, dalam setiap kelompok yang terdiri dari delapan siswa didampingi oleh satu pendamping instruktur pembatik dari para gurunya.

Didik Andoyo selaku pemberhati batik mendukung kegiatan selain ini bertujuan melestarikan batik yang telah menjadi budaya warisan nenek moyang juga melatih para siswa berwirausaha. . Dengan demikian, sejak dini anak-anak sudah mengerti pembuatan membatik.
Kita memang ingin melestarikan batik sehingga kita mencoba membekali para siswa tersebut dengan ilmu dan pengetahuan membatik. Supaya kelak mereka bisa membatik dan ada regenerasi dari para pembatik yang masih ada saat ini. Saktiya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.