Bangunan Puskesmas Pembantu Desa Ronggo Butuh Perhatian

Bangunan Puskesmas Pembantu Desa Ronggo Butuh Perhatian

Bangunan Puskesmas Pembantu Desa Ronggo Butuh Perhatian

Pati, Sebuah bangunan kesehatan yang berada di Desa Ronggo Jaken Pati Jateng kondisinya sangat memprihatinkan. Semula bangunan ini digunakan sebagai Puskesmas Pembantu untuk melayani perawatan dan pelayanan kesehatan bagi warga desa setempat. Sudah lebih dari empat tahun bangunan ini mangkrak dan terbengkalai. Bentuk bangunan dan peralatan kesehatan yang ada di dalamnya sudah rusak parah tidak dapat dipakai lagi.

Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Desa Ronggo dengan minta bantuan Pemerintah Daerah untuk membuka kembali pelayanan bagi warga, namun belum ada tanggapan yang berarti dari Dinas Terkait. Akibatnya jika ada warga yang sakit harus berobat ke Puskesmas di Kecamatan Jaken yang jaraknya 15 km, dan apabila berobat ke Rumah Sakit di Pati harus menempuh jarak 48 km jauhnya. Kondisi ini selain membuat susah warga yang sedang sakit juga menjadi perhatian publik atas kondisi bangunan kesehatan yang dibiarkan mangkrak dan rusak. Desa Ronggo saat ada sekitar 3900 warganya yang berharap pelayanan kesehatan dapat kembali hidup dengan kondisi bangunan yang baik.

Kepala Desa Ronggo Sugandam mengatakan jika kondisi ini sudah berlangsung sejak empat tahun lalu dengan disertai penarikan sejumlah tenaga medis dan bidan desa ke Puskesmas Kecamatan Jaken. Kondisi bangunan sudah rusak parah tanpa adanya perhatian dari pemerintah untuk memperbaikinya. Pihaknya berharap ada perhatian dari Dinas Terkait terhadap keberadaan Puskesmas Pembantu di desanya. Sudah bertahun-tahun warga berharap pelayanan kesehatan bisa difungsikan lagi. Goes

Bangunan Puskesmas Pembantu Desa Ronggo Butuh Perhatian | admin | 4.5