Wisata Taman Mangrove Di Demak

Demak, Taman/ Hutan Mangrove Morosari terletak di desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak Jateng merupakan obyek wisata yang patut dikunjungi. Sedikit gambaran, daerah ini merupakan bekas perkampungan atau desa yang tenggelam akibat abrasi air laut. Sisa-sisa bangunan masih bisa terlihat di sekitar lokasi taman mangrove.

Untuk bisa mencapai lokasi hutan mangrove pengunjung bisa menyewa perahu untuk keliling atau bisa jalan kaki lebih dari 1 km menyusuri jalan setapak yang ada di tengah laut untuk mencapai taman mangrove. Setiap pengunjung yang masuk taman mangrove tidak dipungut biaya namun mengisi kotak secara sukarela.

Pemerintah Kabupaten Demak memang tengah mengoptimalkan pengembangan konservasi hutan bakau di wilayah pesisir pantai Kecamatan Sayung yang luasnya mencapai ribuan hektar. Tentu selain berguna sebagai penahan gempuran ombak, keberadaan hutan bakau ini menyimpan nilai ekonomi jika digarap dengan benar. Terbukti setelah pengerjaan selama tahunan kawasan ini pun menjadi salah satu daya tarik wisata yang diburu traveler.

Yang menarik adalah adanya sisa-sisa bangunan di tengah laut. Ternyata kawasan tersebut dulunya adalah sebuah perkampungan. Lokasi kampung tersebut terus-menerus dihantam abrasi hingga akhirnya tenggelam.

Salah satu pengunjung Ummy senyaja datang dari Ungaran untuk membuktikan keindahan dari hutan mangrove di Sayung Demak. Dirinya kagum karena hutan mangrove dibudidayakan masyarakat setempat sebagai pendukung obyek wisata. Tiya

Wisata Taman Mangrove Di Demak | admin | 4.5