KPU Libatkan Penyandang Disabilitas Untuk Lipat Surat

KPU Libatkan Penyandang Disabilitas Untuk Lipat Surat

KPU Libatkan Penyandang Disabilitas Untuk Lipat Surat

Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati Jateng , mulai melakukan pelipatan surat suara Pilkada Pati 2017. Sebanyak 80 orang dilibatkan untuk melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara yang akan digunakan dalam Pilkada Pati 15 Februari 2017 mendatang.

Dibutuhkan waktu empat hari mulai senin hingga kamis (16-19 Januari) untuk melipat surat suara sebanyak 1.060.112. Jumlah surat suara sebanyak itu sesuai dengan DPT di Pati ada 1.034.256 ditambah dengan jumlah 2,5% nya dari DPT Pati. Dalam kegiatan ini, KPU Pati juga melibatkan beberapa kelompok penyandang disabilitas setempat. Penyandang disabilitas sengaja dilibatkan agar mereka merasa menjadi bagian tak terpisahkan dari proses demokrasi di Kabupaten Pati.

Salah seorang tenaga pelipat kertas surat suara dari kelompok penyandang disabilitas Pati Suripto mengaku senang dilibatkan dalam tahapan proses demokrasi ini. Pasalnya selama ini penyandang disabilitas masih sering dipandang sebelah mata dan dianggap tidak bisa berkontribusi dalam kegiatan kemasyarakatan. Dirinya mengaku baru dilibatkan dalam Pilkada tahun ini, sebelumnya KPU tidak pernah melibatkan penyandang disabilitas. Dengan kegiatan ini bisa menambah penghasilan untuk keluarganya.

Dalam melakukan sortir dan pelipatan para penyandang disabilitas mampu menyelesaikan 2000 lembar lebih surat suara Pilkada Pati dalam sehari. Untuk satu lembar surat suara dihargai Rp.50,-. Dengan demikian dalam satu hari penghasilan yang didapat bisa mencapai Rp.100 ribu dipotong pajak. Goes

KPU Libatkan Penyandang Disabilitas Untuk Lipat Surat | admin | 4.5