Bintek Bersama Bawaslu Jateng dan KPU Pati

Bintek Bersama Bawaslu Jateng dan KPU Pati

Bintek Bersama Bawaslu Jateng dan KPU Pati

Pati, Bimbingan teknik untuk para Anggota Panwascam se Kabupaten Pati terasa lain karena diisi secara bergantian dari Bawaslu Jateng dan KPU Pati. Bintek terkait tahapan pungut hitung dalam Pilkada Pati 2017 terasa penting dengan aturan baru yang diterapkan. Bawsalu Jateng yang hadir Teguh Pornomo memaparkan metode dan cara pengawasan yang baik dan benar baik kepada Pengawas TPS, PPL dan Panwascam.

Dalam pengawasan perlu adanya pencermatan di saat massa kampanye, hari tenang, pendistribusian logistik, dan hari pungut hitung. Potensi pelanggaran dan penyimpangan bisa saja terjadi baik oleh para penyelenggara atau tim sukses. Karena itu peru adanya kecermatan dalam pengawasan tiap tahapan Pilkada di Pati. Walaupun di Pilkada Pati hanya ada satu paslon, namun potensi adanya kecurangandan pelanggaran bisa saja terjadi, ungkap Teguh.

Para pengawas harus peka dan mampu mendeteksi adanya cetah-celah potensi pelanggaran khususnya pada saat pencoblosan dan menjelang hari H. Pihaknya minta semua jajaran Panwas di semua tingkatan melakukan pengawasan aktif dan harus saling komunikasi dan informasi jika potensi pelanggaran muncul.

Demikian juga pihak Ketua KPU Pati Moch Nasich menjabarkan jika saat ini pihaknya telah menyiapkan tenaga penyelenggara di tingkat TPS yang tersebar di semua desa di wilayah Pati. Untuk saat ini pihaknya telah menyiapkan logistik Pilkada termasuk proses pengiriman di Kecamatan dan Desa. Pihaknya minta supaya teman-teman Panwas bisa mengawal sekaligus melakukan pengawasan bersama terkait logistik Pilkada Pati. Setiya

Bintek Bersama Bawaslu Jateng dan KPU Pati | admin | 4.5