Tanaman Porang Bisa Untuk Bahan Industri Pesawat

Pati, Bagi masyarakat awam tanaman porang mungkin kedengarannya aneh. Porang merupakan tanaman herba yang memiliki batang tegak lunak dan mempunyai banyak kegunaan di antaranya industri pesawat terbang untuk alat-alat dalam pesawat termasuk bahan untuk parasut. Jenis tanaman inilah yang sekarang dibudidayakan oleh Gusdurian dan Kodim 0718 Pati bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) diwilayah Kecamatan Tlogowungu Pati.

Menurut Ketua Gusdurian Eddy Kubota, tanaman ini sejenis tanaman umbi-umbian namun memiliki ciri-ciri yang mudah dibedakan dengan tanaman sejenisnya, tanaman ini memiliki batang tegak lurus lunak, halus, berwarna bisa hijau atau hitam. Dibatang halus itu juga terdapat totok-totok putih. Budidaya tanaman ini sangat mudah untuk ongkos produksinya murah dibanding dengan tanaman sejenisnya seperti ketela pohon atau umbi-umbian yang lain.

Tanaman Porang ternyata mempunyai banyak manfaat baik untuk kebutuhan bahan pokok industri maupun kesehatan. Diantaranya untuk bahan baku lem yang mempunyai daya rekat tinggi dan kedap air, sebagai campuran untuk industri kertas supaya kertas lebih lemas dan cukup kuat, untuk industri pertekstilan, industri perfilman, industri listri digunakan sebagai isolator atau pembungkus kabel, industri pesawat terbang dan masih banyak lagi manfaat dari tanaman tersebut.

Menurut Eddy tanaman Porang akan bisa di panen setelah berusia antara 2 sampai 3 tahun, namun sebelum dipanen di setiap pertemuan batang Porang akan tumbuh bintil berwarna kecoklatan sebagai alat perkembangbiakan tanaman porang. Inilah yang di sebut katak. katak ini kemudian diambil dan diangin-anginkan sampai nunggu musim tanam. setelah dianginkan dalam jangka waktu tertentu akan tumbuh tunas, dari tunas inilah yang kemudian ditanam pada lahan hutan diantara tanaman hutan lainya, tambahnya
Tanaman porang pada umumnya dapat tumbuh pada jenis tanah apa saja, yang terpenting ada tanaman naungannya sepertti pohon jati, mahoni, dan lain-lain. Yang penting ada naungan agar terhindar dari sengat matahari secara langsung. Goes

Tanaman Porang Bisa Untuk Bahan Industri Pesawat | admin | 4.5