Memilih Rokok Elektrik Terbaik Atau Rokok Tembakau?

memilih-rokok-elektrik-terbaik-atau-rokok-tembakau

Meninggalkan kebiasaan merokok memang cukup sulit dilakukan. Berbagai upaya pun dilakukan agar kebiasaan merokok tersebut bisa berangsur hilang. Namun kini telah tersedia rokok elektrik terbaik sebagai alternatif yang mampu membuat para perokok meninggalkan kebiasaan merokok tembakau. Meski begitu, para pakar kesehatan masih memperdebatkan tentang rokok elektrik yang diklaim mampu mengatasi kecanduan perokok, atau malah menimbulkan fungsi sebaliknya. Beberapa orang mendukung adanya rokok elektrik ini, namun tak sedikit juga yang tidak sependapat.

Sebuah penelitian baru saja dilakukan di Inggris terkait penggunaan rokok elektrik ini dan hasilnya cukup mengejutkan. Berdasarkan penelitian tersebut, rokok elektrik memang mampu membantu para perokok untuk berhenti dari kebiasaan buruknya tersebut. Dengan rokok elektrik, 60% perokok tersebut akan lebih cepat hilang kebiasaan merokok, dibandingkan dengan mereka yang beralih dengan tempelan nikotin atau mengunyah permen karet yang mengandung nikotin. Dari penelitian tersebut, juga terungkap bahwa sebanyak 20% dari 5.850 perokok yang mengikuti survey telah berhasil berhenti dari kebiasaan merokok tembakau hanya dengan metode penggunaan rokok elektrik.

Perlu diketahui, bahwa cara kerja yang ada pada rokok elektrik adalah dengan mengubah nikotin cair menjadi berbentuk uap. Dengan menghasilkan uap tersebut, maka keinginan perokok untuk merokok tembakau bisa berkurang. Itulah mengapa rokok elektrik terbaik menjadi cara ampuh untuk menghilangkan kebiasaan merokok, sehingga kini sangat populer digunakan. Bahkan berdasar survey yang dilakukan pada tahun 2012 lalu, 30% perokok di Amerika Serikat mulai beralih ke rokok elektrik.

Apabila ada pihak pro, pasti disertai juga pihak kontra yang memiliki hasil sebaliknya dari penelitian di atas. Hasil lain juga dikemukakan sejumlah pakar bahwa menggunakan rokok elektrik sebagai alternatif mengatasi kebiasaan merokok tembakau ternyata tidak efektif dan tidak cukup berhasil. Studi ini dilakukan oleh Pusat Pendidikan dan Riset Kontrol Tembakau yang ada di Universitas California dan mengemukakan bahwa rokok elektrik tidak cukup ampuh untuk mengatasi kecanduan rokok pada kelompok perokok secara umum. Hal ini lantaran penelitian di Inggris hanya meneliti perokok yang berniat berhenti saja.

Meski begitu, dapat diakui bahwa penggunaan rokok elektrik memang mampu menekan keinginan para perokok untuk bisa terbebas dari kecanduan rokok tembakau. Rokok elektrik dinilai lebih efektif daripada metode lain seperti penggunaan permen karet nikotin atau tempelan nikotin di mulut. Bahkan menurut beberapa pakar, rokok elektrik dipercaya mampu meningkatkan tingkat kesehatan publik karena bisa membantu para perokok untuk berhenti merokok.

Sejak ditemukannya rokok elektrik pada tahun 2003 lalu, kepopuleran rokok ini kian tahun kian meningkat. Banyak perokok tembakau yang kini mulai beralih ke rokok elektrik sebagai alternatif mengatasi keinginan merokok tembakau. Mereka juga menuturkan bahwa menghisap rokok elektrik sama nikmatnya dengan menghisap rokok tembakau. Mereka masih tetap bisa menghirup nikotin dan menghembuskan asap uap sehingga kepuasan yang didapatkan sama seperti saat merokok tembakau.

Dengan rokok elektrik terbaik, para perokok bisa terhindar dari bau asap rokok dan juga gigi bernoda. Mereka juga mengaku merasa lebih sehat karena penggunaan rokok elektrik membuat mereka lebih mudah dalam bernafas dan batuk pun perlahan berkurang. Selain itu, harga yang lebih murah pun menjadi magnet dalam rokok elektrik ini. Apabila dihitung kembali, mereka mampu menghemat pengeluaran pembelian rokok sekitar 30% setiap bulannya.

Memilih Rokok Elektrik Terbaik Atau Rokok Tembakau? | admin | 4.5