Hati-Hati, Uang Mainan Bisa Jadi Perkara

Pati, Uang mainan yang biasa dijual belikan secara bebas baik di toko mainan dan pedagang kaki lima ternyata bisa jadi persoalan dan perkara. Uang mainan lembaran seratus ribu yang biasa untuk maian anak-anak ternyata bisa membuat urusan bagi yang mempunyai.

Kasus tersebut muncul ketika salah satu pelajar warga Juwana secara sengaja atau tidak sengaja menggunakan uang mainan seratus ribu rupiah untuk membeli tiga bungkus rokok di salah satu warung yang ada di desa Bumiayu Wedarijaksa Pati. Pemuda berusia 17 tahun itu ketika lewat desa Bamiayu berhenti sejenak untuk membeli rokok dengan menggunakan uang mainan. Penjual mulanya tidak curiga jika uang yang diberikan kepadanya uang mainan. Namun setelah diraba dan di lihat secara seksama ternyata uang seratus rupiah tersebut ada tulisan uang mainan. Secara kasat mata uang seratus ribu rupiah tersebut sangat menyerupahi aslinya. Namun dibagian bawahnya ada tulisan uang mainan yang biasa dipakai untuk mainan anak-anak kecil.

Karena curiga akan keaslian uang tersebut, pemilik warung dan warga melaporkan kasus tersebut ke Polsek Wedarijaksa Pati. Laporan dilakukan untuk memastikan apakah uang lembaran seratus ribu tersebut palsu apa asli.

Kapolsek Wedarijaksa AKP Rohana Sulistyaningrum membenarkan jika telah ada yang melapor dengan uang lembaran seratus ribu. Warga melaporkan karena ada seorang pemuda yang membeli rokok diduga dengan menggunakan uang palsu. Namun setelah dicermati dan diteliti oleh petugas ternyata uang lembaran seratus ribu tersebut terbuat dari kertas halus dan bertuliskan uang mainan dibagian bawahnya.

Secepatnya pihaknya akan memanggil orang yang membeli dengan uang mainan tersebut. Apakah memang sengaja atau tidak tahu terhadap uang mainan tersebut. Kapolsek minta supaya warga masyarakat dan pedagang berhati-hati jika menerima lembaran uang. Bisa saja uang tersebut mainan atau bahkan palsu. Sebelumnya harus dilihat dan dicermati apakah asli dan palsu. Goes

Hati-Hati, Uang Mainan Bisa Jadi Perkara | admin | 4.5