Sukses Dengan Miniatur Rumah Joglo dari Limbah Kayu Bambu

Sukses Dengan Miniatur Rumah Joglo dari Limbah Kayu Bambu

Sukses Dengan Miniatur Rumah Joglo dari Limbah Kayu Bambu

Pati, Seorang pemuda bernama Lutfhi Prasetyo Prabowo warga Desa Sukoharjo Margorejo Pati Jateng mempunyai bakat berkreasi membuat miniatur rumah joglo dari bahan limbah kayu dan bambu. Berkat karyanya ini mampu memberikan penghasilan yang baik setiap bulannya. Sejumlah miniatur rumah joglo yang dibuat setiap bulannya antara 5 hingga 8 buah. Dengan pesanan lokal, luar kota bahkan sebagian diambil warga asing. Selain membuat miniatur dirinya juga membuat patung-patung kecil yang terbuat dari limbah kayu sebagai penghias isi dari rumah joglo.

Miniatur rumah joglo yang dibuat sangat unik karena semua bahan terbuat dari limbah kayu dan bambu yang ada disekitar rumahnya. Adapun peralatan yang digunakan sangat sederhana berupa karter atau pisau kecil, tatah kecil, amplas dan lem untuk pelekat. Adapun untuk memperindah bentuk rumah joglo dilapisi dengan cat pewarna dan plitur. Miniatur yang dibuat sangat rumit dan perlu kesabaran dalam menata dan menempelkan satu-persatu potongan limbah kayu dan bambu sesuai ukurannya. Dibutuhkan waktu hingga satu minggu bahkan lebih untuk membuat satu buah rumah joglo sesuai dengan ukurannya.

Satu buah miniatur rumah joglo dihargai antara Rp.350 ribu hingga Rp.500 ribu sesuai bentuk ukuran dan kerumitannya. Karena menjanjikan dirinya terus berkarya dan mencoba untuk mengembangkan kreasi bentu-bentuk rumah joglo atau adat yang ada di Indonesia. Setiap tiga bulan sekali dirinya mengikuti pameran baik untuk lokal atau nasional. Pihaknya berharap usahanya ini bisa mendapat dukungan dari pihak terkait. Goes

Sukses Dengan Miniatur Rumah Joglo dari Limbah Kayu Bambu | admin | 4.5