Semarak Parade Kirab Dukuh Simo Blingoh Jepara

Semarak Parade  Kirab Dukuh Simo Blingoh Jepara

Semarak Parade Kirab Dukuh Simo Blingoh Jepara

Jepara, Sedekah Bumi yang ada di Pedukuhan Simo Desa Blingoh Jepara terasa lain dengan adanya Parade Kirab yang diikuti hampir semua perwakilan warga. Tiap-tiap RT dalam satu RW mewakilkan kelompok warganya untuk ikut kirab berkeliling wilayah Dusun Simo. Antusias warga baik tua dan muda bersemangat dalam mengikuti jalannya kirab dengan berjalan kaki. (minggu, 18/9). Berbagai atraksi kesenian daerah baik barong, reog, warok. jaran kepang mengawal parede kirab yang diikuti ratusan peserta. Tidak lepas sejumlah komunitas pemuda group drum band dan mobil hias juga dilibatkan dalam acara tersebut. Jalannya Parade Kirab yang dilakukan dalam satu tahun sekali ini menjadi tradisi yang terus dilakukan oleh semua warga tanpa terkecuali. Semua warga ikut terlibat langsung sehingga keguyuban dan rasa kekeluargaan warga menjadi jalinan yang harmonis.

Kepala Dusun Simo Dwi Mulyono mengatakan jika tradisi ini akan tetap dilestarikan sehingga dapat memberikan hikmah dan hiburan bagi warga. Terlebih dengan tradisi ini dapat mengenang para leluhur dan ikut melestarikan budaya bangsa. Pihaknya sangat bangga dengan warga dengan guyub dan kerja sama dapat mensukseskan acara Parade Kirab dengan meriah.

Untuk tahun selanjutnya akan tetap dilakukan dengan meriah lagi dan lebih besar, kata Kadus. Kadus Simo Dwi Mulyono menambahkan jika acara ini digelar sebagai wujud syukur kepada Yang Maha Kuasa atas limpahan rejeki dan keselamatan warga. Demikian juga rasa syukur atas keberhasilan dalam sandang pangan dan papan. Pihaknya juga sangat bangga karena semua pihak dan masyarakat luas sangat mendukung. Terlebih Bupati Jepara Ahmad Marzuki ikut datang dan menyaksikan acara Parade Kirab di desanya. Ini merupakan kebanggaan bagi warga Dukuh Simo karena serangkaian acara Sedekah Bumi mendapat dukungan dari Bupati. Goes

Semarak Parade Kirab Dukuh Simo Blingoh Jepara | admin | 4.5