Sedekah Bumi Unik Di Desa Blingoh Jepara

Sedekah Bumi Unik Di Desa Blingoh Jepara

Sedekah Bumi Unik Di Desa Blingoh Jepara

Jepara, Sedekah Bumi yang dilakukan warga desa Blingoh Donorojo Jepara terasa unik dan menarik. Setiap tahun semua warga berduyun-duyun untuk berkumpul di Makam Mbah Siti Mariam yang ada di ujung pojok desa setempat. Mereka semua datang dengan membawa nasi dan lauk untuk didoakan dan dimakan bersama-sama. Sebagai tradisi desa setempat warga juga menyaksikan pentas kesenian tradisional tayub dengan para penari para sesepuh desa, perangkat dan warga desa. Mereka semua dengan sabar dan antusias mengikuti serangkaian acara hingga usai.

Tradisi tari tayub yang diikuti penari dari warga setempat harus dilakukan setiap tahunnya. Karena tradisi ini sudah turun temurun dan dilestarikan. Warga baik tua dan muda berkumpul bersama untuk meminta keselamatan dan kelancaran. Sejumlah warga meyakini jika nasi dan lauk yang telah didoakan akan membawa berkah bagi yang memakannya. Selain memberikan kesehatan juga keselamatan. Karena kepercayaan yang sudah lama tradisi ini tetap dilestarikan. Bahkan sejumlah warga dari luar desa ikut datang untuk menikmati nasi dan lauk pauk dari bawaan warga setempat.

Salah satu tokoh masyarakat Desa Blingoh H. Toyib mengatakan jika kegiatan Sedekah Bumi yang dilakukan warga dimulai dengan Berdoa Bersama di Makam Leluhur Desa Mbah Siti Mariam. Kemudian juga ada kegiatan sepak bola Perangkat dan Warga. Dilanjutkan tarik tambang antar warga serta kegiatan Kirab yang melibatkan warga, para pelajar dan pihak lain. Untuk kegiatan Kirab akan lebih meriah karena berbagai kesenian dan atraksi akan ikut tampil dengan rute keliling Desa Blingoh Donorejo Jepara. Goes

Sedekah Bumi Unik Di Desa Blingoh Jepara | admin | 4.5