Menengok Potensi Desa Blingoh Donorojo Jepara

Menengok Potensi Desa Blingoh Donorojo Jepara

Menengok Potensi Desa Blingoh Donorojo Jepara

Jepara, Desa Blingoh masuk Kecamatan Donorojo Jepara Jateng terletak 30 km di sebelah Utara Kota Jepara. Desa Blingoh terdapat di antara perbatasan Kecamatan Donorojo dengan Kecamatan Keling. Di sebelah utara berbatasan langsung dengan Desa Tulakan, Desa Ujungwatu, Desa Banyumanis, dan Desa Clering. Sebelah selatan Berbatasan dengan Desa Kelet. Pada sebelah timur berbatasan dengan Desa Jugo, dan Desa Ujungwatu. Sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan Desa Kelet. Desa Blingoh terdiri dari empat pedukuhan yaitu Dukuh Lembah, Dukuh Simo, Dukuh Guwo dan Dukuh Senggrong. Demikian juga di Desa Blingoh terdapat tempat wisata yang menarik dan presentatif. Diantaranya Candi Sima di Dukuh Simo, Gua Tratak di Dukuh Guwo, Danau Blingoh di Dukuh Lembah, Air Terjun Undak Manuk di Dukuh Guwo dan Air Terjun Manten (Air Terjun Lanang Wedok) di Dukuh Senggrong.

Masyarakat Desa Blingoh saat ini sedang melakukan kegiatan desa yang dilakukan dalam satu tahun sekali berupa Sedekah Bumi. Agenda yang dikemas dengan berbagai rangkaian kegiatan ini menjadi daya tarik tersendiri baik warga setempat maupun masyarakat lain. Kegiatan sakral berupa bancaan bersama di salah satu makam leluhur desa setempat Siti Mariam diikuti semua warga dengan membawa sebungkus nasi dan lauk pauk. Semua nasi dan lauk pauk di kumpulkan bersama untuk didoakan oleh sesepuh dan perangkat desa. Kemudian dimakan secara bersama dan sebagian dibawa pulang oleh warga. Acara tersebut secara rutin dilakukan warga sebagai rasa syukur atas keselamatan dan keberhasilan dan kehidupan. Yang menarik kegiatan tersebut juga diselingi dengan kesenian tradisional tayub dengan para penari dari warga dan para perangkat desa.

Kepala Desa Blingoh Sucipto mengatakan jika kegiatan tersebut sangat unik dan lain dari pada yang lain. Selain warga membawa nasi dan lauk juga di sekitar makam diadakan pentas kesenian daerah tayub yang melibatkan warga dan perangkat desa. Kegiatan ini untuk mengingatkan kepada leluhur desa yang bernama Mbah Siti Mariam. Selain meminta keselamatan juga memohon kemudahan dalam menjalani kehidupan. Kegiatan Sedekah Bumi yang diadakan di makam Mbah Siti Mariam diadakan setiap satu tahun sekali. Untuk tahun ini jatuh pada hari Jumat tanggal 16 september 2016. Serangkaian kegiatan dilakukan usai sholat Jumat dan berakhir menjelang sore hari. Setiya

Menengok Potensi Desa Blingoh Donorojo Jepara | admin | 4.5