Kesenian Tayub Warnai Sedekah Bumi Desa Blingoh Jepara

Kesenian Tayub Warnai Sedekah Bumi Desa Blingoh Jepara

Kesenian Tayub Warnai Sedekah Bumi Desa Blingoh Jepara

Jepara, Kesenian tayub yang diselenggarakan di Desa Blingoh Donorejo Jepara menjadi serangkaian acara Sedekah Bumi desa tersebut. Para tokoh masyarakat, perangkat dan warga wajib untuk ikut menari dengan para penari wanita. Tradisi ini sudah bertahun tahun dilakukan sebagai wujud cinta akan kesenian daerah. Demikian juga sebagai wujud untuk mencintai kesenian tersebut. Sengaja pentas dilakukan di sekitar Makam Mbah Siti Mariam sebagai leluhur desa setempat (jumat 16/9).

Selama hampir 3 jam para warga berkumpul sekaligus ikut menari di sekitar makam. Sebelum pentas dimulai para penari wanita minta doa restu (sungkem) kepada Kepala Desa Sucipto. Setelah itu penari akan melakukan tugasnya untuk menari dengan diikuti warga dan para perangkat desa. Antusias warga untuk melihat dan ikut pentas sangat baik sehingga secara bergantian mereka ikut terlibat menari seni tayub.

Salah satu Perangkat Desa Blingoh Molyono mengatakan jika serangkaian acara seni tayub wajib dilakukan. Demikian juga para perangkat dan sesepuh desa juga harus ikut menari bersama. Selain untuk pelengkap serangkaian Sedekah Bumi di desanya juga untuk melestarikan kesenian tradisional. Pihaknya berharap dengan acara Sedekah Bumi yang rutin dilakukan akan memberikan berkah dan anugrah bagi semua warga. Selain keselamatan juga kelancaran dalam usaha dan kehidupan. Sedekah Bumi yang dirangkum dengan tradisi seni tayub sangat menarik, selain warga menunggu untuk berdoa di makam leluhur juga bisa menikmati tontonan seni tayub tersebut. Saktiya

Kesenian Tayub Warnai Sedekah Bumi Desa Blingoh Jepara | admin | 4.5