Sedekah Bumi Desa Ronggo Meriah

Sedekah Bumi Desa Ronggo Meriah

Sedekah Bumi Desa Ronggo Meriah

Pati, Sdekah Bumi atau Bersih Desa yang dilakukan di Desa Ronggo Jaken Pati terasa lain. Serangkaian agenda yang digelar sejak tanggal 4 Mei hingga 18 Mei 2016 lebih semarak dibandingkan tahun lalu. Berbagai kegiatan dari lomba tingkat anak sekolah, olah raga, seni dan budaya digelar selama hampir dua minggu di Desa Ronggo Jaken. Kepala Desa Sugandam sangat bangga dengan keaktifan warga desanya dalam menyambut sedekah bumi tahun ini. Semua warga berperan aktif baik sebagai panitia atau pendukung anggaran.

Semua biaya yang dikeluarkan merupakan iuran sukarela dari semua warga Desa Ronggo. Di tahun ini acara sedekah bumi di Desa Ronggo lebih komplit. Selain olah raga, lomba juga menampilkan hiburan seni budaya berupa wayang kulit, ketoprak dan tayub. Adapun untuk pentas seni tayub merupakan kewajiban bagi semua warga desanya. Dimana setiap perangkat desa dan masyarakat desanya harus ikut menari di atas panggung sebagai syarat mutlak Sedekah Bumi di Desa Ronggo.

Tradisi ini sudah dilakukan sejak dahulu dan turun temurun yang dilaksanakan di Punden Tarub. Pihaknya merasa puas karena kegiatan tahunan ini berjalan sesuai harapan masyarakat. Acara Sedekah Bumi yang digelar setahun sekali menjadi agenda rutin. Harapannya kegiatan ini akan semakin hidup dengan hadirnya lapisan masyarakat di Desa Ronggo. Desa Ronggo yang dahulu tertinggal. Saat ini sudah menjadi desa yang patut diperhitungkan. Dengan adanya kerja sama yang baik antara jajaran Perangkat Desa dan warga perkembangan Desa Ronggo akan menjadi contoh yang baik untuk desa-desa yang ada di Kabupaten Pati. Goes

Sedekah Bumi Desa Ronggo Meriah | admin | 4.5