Kecap Tradisional Tiga Keong Khas Pati Mampu Bersaing

Kecap Tradisional Tiga Keong Khas Pati Mampu Bersaing

Kecap Tradisional Tiga Keong Khas Pati Mampu Bersaing

Pati, Mungkin tidak banyak yang tahu kalau di kota Pati ada kecap yang rasanya sangat gurih dan enak. Namanya Kecap Tiga Keong. Kecap manis dengan citarasa spesial. Rasanya manis, gurih, dan ada citarasa khas yang beda dari kecap lain. Kecap ini cocok untuk penyedap segala masakan cita rasa nusantara. Proses pembuatan kecap ini masih mempertahankan teknik asli pendirinya terdahulu dengan alat yang tradisional sekali. Dimana cara memasaknya masih menggunakan wajan besar dengan kayu bakar jenis karet. Fermentasinya juga masih menggunakan gentong khusus.

Tidak ada bahan pengawet sama sekali yang ditambahkan dalam proses pembuatannya. Adapun bahan-bahan utama berupa gula jawa, sari kedelai dan ramuan sejumlah bumbu dapur. Dibutuhkan waktu lebih dari 4 jam untuk memasak semua ramuan di sebuah wajan besar dengan perapian penuh. Kecap ini terasa enak karena proses pembuatan masih menggunkan cara tradisional dan dari bahan alami sejak tahun 1950an. Karena rasanya yang gurih dan enak sehingga kecap khas Pati ini selalu dicari konsumen luar daerah. Produk kecap Pati mampu bersaing dipasaran lokal dan nasional. Setiap hari sejumlah pembeli datang sendiri untuk membeli kecap ini.

Dan sebagian dikirim ke berbagai toko yang ada di Karesidenan Pati dan luar kota. Untuk harga kercap plastikan isi 12 biji kecil seharga Rp.16.500. Kecap plastikan isi 1 kg seharga Rp.17.000 untuk ½ kg dengan harga Rp.8.650. Sedang kecap botolan per dosin seharga Rp.195.000. Pembuatan kecap ini dilakukan secara turun temurun oleh pemiliknya dengan dibantu sejumlah pegawai produksi pengolahan bahan kecap. Selain memberikan lapangan kerja bagi warga sekitar, produk kecap ini mampu bersaing di pasaran. Candra sosok pemilik Pabrik Tiga Keong dengan ramah mengatakan jika untuk proses pembuatannya masih menggunakan alat yang tradisional seperti yang dulu. Hasil produk kecap khas Pati ini sudah dikirim ke berbagai daerah. Dan sebagian untuk memenuhi pasar lokal. Pria ramah ini juga tidak menolak jika banyak para pelajar dan mahasiswa belajar di tempatnya dalam proses pembuatan kecap. Agus Setiya

Kecap Tradisional Tiga Keong Khas Pati Mampu Bersaing | admin | 4.5