Bobot Wibowo Sang “Saridin” Dari Pati

Bobot Wibowo Sang “Saridin” Dari Pati

Bobot Wibowo Sang “Saridin” Dari Pati

Pati, Nama Bobot Wibowo asal Kayen Pati Jateng menjadi perhatian publik nusantara ketika dalam serial film “Saridin” mampu berperan watak sebagai tokoh yang paling karesmatik di kawasan Pati. Bobot Wobowo mampu memerankan tokoh Saridin dengan baik dan penuh penghayatan sejak pengambilan gambar awal hingga akhir. Walau proses pengambilan gambar yang berpindah-pindah dari berbagai tempat di wilayah Pati dan sekitarnya namun tidak memberikan rasa lelah dan bosan bagi sosok Bobot Wibowo dan sesama pemain lain. Dikalangan publik Pati sosok Bobot Wibowo tidak asing lagi, terutama pengemar kesenian tradisional wayang kulit. Kiprahnya di kesenian pedalangan tidak asing lagi. Karena selama bertahun-tahun dirinya telah menekuni profesi sebagai dalang yang profesional. Dengan pengalaman sebagai seniman yang sudah bertahun-tahun patutlah sosok Bobot Wibowo berperan sebagai “Saridin”. Film besutan sutradara lawas Alman Eko Darmo ini bakal menjadi harapan warga Pati dan Indonesia dalam mengenang kembali perjuangan tokoh Saridin.

Bobot Wibowo yang merupakan putra asli dari Kayen Pati beberapa kali berpikir ketika dirinya diberi tanggung jawab dalam memerankan tokoh Saridin. Beberapa kali dirinya merenung dan minta pertimbangan sesepuh dan para tokoh Pati dalam memerankan Saridin. Bahkan tidak segan-segan dirinya juga minta doa restu kepada tokoh aslinya yang saat ini jasadnya di semayamkan di Dukuh Landoh Kayen. Setiap hari lokasi makam selalu ramai 24 jam karena ratusan atau bahkan ribuan pengunjung dari berbagai daerah mendatangi Makam Saridin atau Syeh Jangkung. Perawakan tubuh Bobot Wibowo yang agak kurus dan berkumis sangat cocok berperan sebagai Saridin. Ketika ditemui di lokasi syuting Bobot sangat bangga dan kagum bisa berperan sebagai Saridin. Tokoh Saridin adalah sangat legendaris, karesmatik dan menjadi suri tauladan bagai masyarakat. Walau sangat berat dan penuh penghayatan namun dirinya berusaha untuk bisa tampil secara prima dalam beberapa pengambilan gambar. Pengambilan gambar yang dilakukan siang dan malam di berbagai lokasi di wilayah Pati membutuhkan tenaga ektra dan kesabaran.

Dirinya berharap karya fim yang menonjolkan tokoh Saridin ini mampu memberikan informasi dan pengetahuan dan sejarah bagi warga Indonesia dan generasi muda. Film karya warga Pati ini menjadi bukti adanya kepedulian para seniman dan pendukungnya untuk melestarikan budaya dan sejarah di Pati. Karya ini bakal dikenang dan menjadi bukti nyata adanya tokoh yang sangat disanjung warga. Semoga dengan hadirnya film Saridin dapat memberikan motifasi para seniman dan pencinta seniman dalam berkiprah khususnya untuk mengangkat tokoh lokal. Agus Setiya

Bobot Wibowo Sang “Saridin” Dari Pati | admin | 4.5