Wartawan Peduli Paud, Kapan Ada Bantuan

Wartawan Peduli Paud, Kapan Ada Bantuan
Wartawan Peduli Paud, Kapan Ada Bantuan

PATI-Sejumlah wartawan yang mempunyai tugas peliputan di wilayah Kabupaten Pati ternyata mempunyai kepedulian tinggi terhadap dunia pendidikan terutama Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Bukti keseriusan untuk ikut bertanggung jawab dalam kemajuan pendidikan dasar di Pati dengan mendirikan sebuah Lembaga Pendidikan PAUD “Bintang” di Desa Wedarijaksa Kecamatan Wedarijaksa Pati. Sebagai langkah awal penunjang berdirinya PAUD sejumlah wartawan bahkan dengan sukarela dan penuh pengorbanan mencari lokasi dan membiayai sendiri dari proses perijinan hingga dimulai pembelajaran awal. Walau mulanya mengalami kendala, namun dengan perjuangan dan tanggung jawab untuk ikut peduli dalam pendidikan dasar, keberadaan PAUD Bintang menjadi harapan bagi masyarakat yang tinggal di Desa Wedarijaksa.

Berkat kesabaran dan tanggung jawab tiga orang srikandi sukarelawan sebagai pendidik PAUD “Bintang” Wedarijaksa, puluhan anak dini dari usia 2 sampai 4,5 tahun bisa mengenyam pendidikan dasar dengan mutu pendidikan yang baik. Memadukan antara rasa kekeluargaan, bermain, dan belajar menjadi kunci utama para pendidik dalam penerapan pembelajaran pada anak didik. Alhasil dengan metode tersebut keberadaan PAUD “Bintang” dapat memberikan kesejukan bagi anak didik dan masyarakat sekitar. Sejumlah pendidik benar-benar menjadi pahlawan tanpa tanda jasa, karena berkorban dan berjuang memberikan pendidikan dasar tanpa mendapat honor dan fasilitas dari pihak manapun.

Salah satu penggagas berdirinya PAUD Bintang “Wartawan” Setiya membenarkan jika kepedulian dan perjuangan sebagian insan pers di Pati hanya semata-mata membantu Pemerintah Daerah dalam pemerataan pendidikan dasar. Masih banyak daerah pinggiran atau terpencil belum tersentuh PAUD. Kami berharap keberadaan PAUD Bintang mendapat perhatian dari Pemkab Pati dan Instansi Terkait, ungkap Setiya. Semenjak dirintis hingga mendapatkan Ijin Operasional Penyelenggaraan Program PAUD dari Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Nomor : 421.9/8352 belum pernah sama sekali mendapat bantuan baik Operasional, Alat Peraga Edukasi (APE), ataupun kesejahteraan pendidik dari Pemerinah Daerah. Pihaknya menyanyangkan kurangnya kepedulian pihak Instansi Terkait dengan Paud khususnya Kelompok Bermain. Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.