Sukses Dengan Ternak Ayam Walik

Sukses Dengan Ternak Ayam Walik

Sukses Dengan Ternak Ayam Walik

Pati, Ayam Walik (ayam berbulu terbalik) merupakan salah satu jenis ayam lokal langka yang terdapat di Indonesia. Ayam Walik merupakan ayam lokal yang mempunyai penampilan bulunya keriting (terbalik) ke arah depan dan belakang, sehingga permukaan kulit tubuhnya terlihat jelas. Karen bulunya yang unik dan lucu sehingga harga jualnya sangat mahal. Satu ekor untuk bulu warna putih, coklat dan kombinasi bisa mencapai harga Rp.500 ribu. Adapun untuk warna hitam mengkilap bisa mencapai harga Rp.1 juta per ekor.

Karena menjanjikan sehingga penangkaran ayam walik sangat menjanjikan. Salah satu peternak bernama Purwanto warga Jembulwunut Gunungwungkal Pati telah berhasil menangkarkan ayam walik di sekitar rumahnya. Semula hanya sepasang dia mencoba merawat ayam walik yang dicampur ayam kampung. Dalam beberapa bulan ayam waliknya bisa berkembang banyak. Saat ini sudah ada puluhan ayam walik miliknya. Setiap minggu para pembeli datang ke rumahnya untuk membelinya. Dengan usaha ini setiap bulan rata-rata penghasilan dari ayam walik bisa mencapi Rp.4 juta hingga Rp.6 juta. Purwanto mengakui jika untuk mengembangkan jenis ayam walik sangat sulit tidak seperti ayam kampung.

Biasanya telur yang diemngkrami induknya hanya jadi anakan cuma 2 sampai 3 ekor saja. Dari 12 telur yang diengkrami. Kendala inilah yang menjadi menyebab lambannya jumlah ayam walik miliknya. Ayam jenis ini sangat jarang ditemui. Bentuk dan perawakan tubuh hampir sama dengan ayam Kampung. Warna bulunya beraneka ragam, hitam, coklat, coklat kemerahan, coklat kekuningan, putih, blorok bintik-bintik merah dan hitam atau putih dan hitam, dan kombinasi warna lainnya. Karena bentuk bulunya yang unik dan lucu banyak dicari pencinta ayam walau harganya sangat mahal. Agus Setiya

Sukses Dengan Ternak Ayam Walik | admin | 4.5