Kisah Tokoh Saridin “Syeh Jangkung” Di Filmkan

Kisah Tokoh Saridin “Syeh Jangkung” Di Filmkan
Kisah Tokoh Saridin “Syeh Jangkung” Di Filmkan

Berita10.com – Pati, Kisah tokoh Saridin atau yang akrab dikenal dengan nama “Syeh Jangkung” akan difilmkan. Tokoh fenomenal tersebut yang hidup pada zaman walisongo tersebut menjadi sejarah legendaris warga Pati dan masuk ke dalam Babad Pati.

Rencana pembuatan film “Kisah Saridin” nantinya melibatkan para seniman dan sejumlah pejabat di SKPD hingga Bupati Pati ini. Hingga saat ini proses pengambilan gambar telah dilakukan di berbagai wilayah Pati. Saat ini pengambilan gambar dilakukan di wilayah pinggiran Desa Gembong. Dalam shooting yang dipandu Sutradara Alman Eko Darmo sejumlah pemain dengan serius melakukan beberapa adegan. Kisah Saridin yang difilmkan akan mengambil judul Saridin Andum Waris. Dalam shoting tersebut melibatkan sedikitnya 20 pemain dari berbagai seniman dan seniwati dari Pati. Ditemui saat pembuatan film, Bobot Wibowo pemeran Saridin mengatakan, dalam penggarapan film yang mengisahkan Saridin, terbagi dalam 2 episode.

“Kita mengambil dua episode itu dulu. Yakni Saridin Andum Waris, dan Saridin berguru di Kudus sampai jatuhnya Saridin di Palembang” kata Bobot. Pada episode pertama dengan judul ‘Saridin Andum Waris’ akan membutuhkan 13 pengambilan adegan, dan 9 pengambilan adegan pada episode kedua dengan cerita Saridin Berguru Di Sunan Kudus.

Alman Eko Dharmo selaku sutradara menjelaskan, pembuatan film ini untuk mendokumentasikan kisah tokoh ulama dari Pati.

“Untuk ceritanya, saya tidak mengarang sendiri. Tapi saya mengambil dari rekaman yang sudah dimainkan teman-teman kethoprak. Jadi kita murni dari situ, dan kita tidak lepas dari kontek cerita. Hanya ada pengurangan-pengurangan dalam bahasanya, dari yang semula bahasa tutur menjadi audio visual”.

Bupati Pati, Haryanto, SH yang juga akan ikut berperan dalam film ini mengungkapkan, pihaknya sangat merespon rencana pembuatan film tersebut. Sehingga film yang nantinya terdokumentasi tersebut, dapat menumbuhkan kecintaan sejarah dan tokoh legenda di Kabupaten Pati.

Pembuatan film “Saridin andum Waris” ini menggunakan dana murni dari pihak – pihak yang peduli dengan sejarah yang ada di Kabupaten Pati. Agus Setiya/b10

4 tanggapan untuk “Kisah Tokoh Saridin “Syeh Jangkung” Di Filmkan

  1. Semoga lancar dan berjalan dengan mulus supaya saya bisa menikmati film tsb, saya sebagai warga pati sangat senang sekali dengan adanya film tsb.
    Good luck for Mr.Alman Eko Dharmo

  2. semoga lancar, untuk filmnya….. saya memiliki beberapa informasi untuk reverensi tentang sebuah naskah kuno yang di tulis oleh sumaatmaka pada tahun 1931 berbentuk tembang dengan aksara jawa yang tersimpan di Yayasan Sastra Lestari Surakarta atau bisa membaca katalog onlinenya di http://sastra.org/katalog/judul?ti_id=1816

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.