Harga Garam Anjlok di Pantura

Harga Garam Anjlok di Pantura

Harga Garam Anjlok di Pantura

Rembang, Sejumlah petani garam yang ada di wilayah pesisir pantai utara baik Kabupaten Rembang, Batangan dan Pati merasa kecewa dengan standar harga garam dibawah normal. Harga garam untuk per 1 kg nya dihargai hanya Rp.150 hingga Rp.170 untuk tingkat petani. Adapun harga untuk pabrik hanya menerima Rp.225 per kg. Dibandingkan harga garam tahun lalu bisa mencapai Rp.350 hingga Rp.400 per kg garam.

Dengan harga yang sangat rendah para petani garam mengalami kerugian yang tidak sedikit. Ribuan hektar lahan garam saat ini mulai panen raya. Namun karena harganya anjlok banyak para petani garam sedih dan kecewa. Selain karena adanya kebijakan impor garam yang dilakukan pemerintah, musim kemarau yang sangat panjang sebagai faktor anjloknya harga garam di tingkat petani.

Sutimen salah satu petani garam dari Rembang sangat kecewa dengan jatuhnya harga garam saat ini. Dibandingkan tahun lalu harganya terpaut jauh. Saat ini petani di wilayah Kaliori Rembang mengalami kerugian. Karena hasil produksi garam tidak sebanding dengan biaya pengeluaran setiap harinya. Demikian juga dengan petani garam di Batangan Pati juga mempunyai nasib sama karena harganya yang rendah.
Para petani berharap pihak pemerintah membantu dalam meningkatkan harga garam. Salah satunya dengan membatasi impor garam dari luar. Akibat anjloknya harga banyak garam yang tertumpuk di sejumlah gudang penyimpanan. Rakasena

Harga Garam Anjlok di Pantura | admin | 4.5