Ribuan Murid Terima Beasiswa dari Pemkab PATI

Bupati Pati Haryanto SH MM ketika meyerahkan bantuan beasiswa
Bupati Pati Haryanto SH MM ketika meyerahkan bantuan beasiswa

“Beasiswa diberikan dalam rangka mencegah siswa putus sekolah dan memberi kesempatan kepada siswa miskin berprestasi untuk memperoleh pendidikan yang sama dengan siswa lain”, imbuh Haryanto. Adapun sasaran dari program beasiswa ini, menurut Sarpan, Kepala Dinas Pendidikan, ada tiga kelompok. Kelompok pertama, siswa miskin berprestasi kelas 6 SD/MI yang melanjutkan ke SMP/MTs, kemudian siswa miskin berprestasi kelas 9 SMP/MTs yang melanjutkan ke SMA/SMK/MA, dan kelompok ketiga adaalah siswa miskin berprestasi kelas 12 SMA/SMK/MA.
Saat ditanya mengenai criteria yang digunakan untuk pemberian beasiswa ini, Sarpan mengatakan bahwa siswa miskin dibuktikan dengan KCP BSM, KPS, PKH, dan atau surat keterangan lainnya. “Kalau prestasi bisa dalam bidan akademik maupun non-akademik”, imbuh Sarpan.
Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan bahwa anggaran pendidikan di Kabupaten Pati sudah memenuhi apa yang diamanatkan Undang-Undang. “Kalau di Undang-Undang itu 20% kita di Pati sudah sekitar 40% dari total anggaran yang dialokasikan untuk pendidikan”, terang Haryanto.
Selain itu Haryanto juga sempat menyinggung kenaikan besaran hadiah untuk siswa Pati yang berprestasi di tingkat Internasional. “Kalau di awal kemarin Juara Dunia perorangan dapatnya sekitar Rp 15 juta, di tahun anggaran mendatang akan naik jadi sekitar Rp 20 jutaan”, terangnya.
H Tri Las Hartaka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.