Ratusan APK Bermasalah Direkomendasikan Panwaslu Ke KPU

???????????????

Pati, Kiprah Panwaslu Kabupaten Pati dalam mencermati dan melakukan pengawasan dalam tahapan kampanye Pilpres 2014 memberikan hasil yang maksimal. Terbukti ratusan Alat Peraga Kampanye yang terdapat di 406 kelurahan dan desa tersebar di 21 Kecamatan telah menyalahi aturan. Sejumlah APK dianggap melanggar karena terpasang pada tempat yang tidak diperbolehkan dalam pemasangan tanda gambar atau alat peraga kampanye pasangan Capres. Ratusan gambar yang telah direkomendasikan Panwaslu ke KPU sebagian besar terpasang di pohon, tiang listrik, tempat ibadah, taman kota, jalan protokol, dan tempat atau fasilitas milik pemerintah.

Ketua Panwaslu Patri Suyoto SH MH menjelaskan jika APK yang berjumlah 2449 buah baik bener, spanduk, baleho yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Pati telah direkomendasikan ke KPU untuk dindaklanjuti ke pihak Parpol. Pihaknya membuat surat rekomendasi karena APK yang terpasang menyalahi peraturan KPU No 16 Tahun 2014 dan Surat Keputusan KPU No 57 Tahun 2014 tentang Pemasangan Alat Peraga Kampanye. Dalam hal ini pihaknya hanya bisa memberikan rekomendasi saja tidak dapat melakukan eksekusi dalam penertiban Alat Peraga Kampanye dalam Pilpres 2014.
Ketua KPU Pati M. Nasich mengakui jika pihakanya telah menerima surat rekomendasi dari Panwaslu terkait keberadaan APK yang sangat marak di Pati. Kami selanjutnya akan memerintahkan Parpol pemasang APK untuk melakukan penertiban sendiri. Apabila dalam Pemilu Pileg kemarin kami memberikan rekomendasi kepada Satpol PP untuk menertiban APK, namun untuk Pemilu Presiden kali ini pihaknya hanya memberikan perintah kepada peserta Parpol untuk penertiban sendiri. Tim Lip B/10

Ratusan APK Bermasalah Direkomendasikan Panwaslu Ke KPU | admin | 4.5